Bagian Penting kemeja khususnya kemeja pria ini banyak yang belum begitu paham, padahal jenis pakaian yang paling biasa atau dimiliki oleh pria adalah kemeja. Mau tipe yang mana saja, mau kemeja dengan tangan panjang atau tangan yang pendek, pakaian ini saya pastikan jumlahnya yang banyak terdapat di lemari pakaian pria-pria. Untuk yang setiap hari harus ke kantor atau acara resmi sudah dipastikan kita pasti memilih kemeja untuk dikenakan, malahan pada saat acara casual pun kita bisa memakai kemeja.

 

Padahal, kemeja adalah pakaian penting yang dimiliki seorang pria, tidak salahnya untuk mengetahui bagian penting dari kemeja itu sendiri. Belum lama saya juga tidak begitu hirau dengan kemeja, asalkan bagus saat dipakai di badan saya saat di ruang fitting room, mungkin saya akan membelinya. Dan ternyata kemeja ada beberapa jenis, bagian dan fungsi yang berbeda-beda.

 

Jenis Kemeja

A. Dress Shirt

Sesuai dengan sebutannya, kemeja ini di pakai khusus untuk acara yang formal dan tidak cocok dipakai di acara casual. Kemeja formal di buat untuk di pakai dengan luaran juga seperti jacket/blazer dan dasi, tetapi bisa juga kita paka tanpa keduanya. Kemeja ini jelas punya cuttingan yang lain jika di kita compare dengan kemeja casual.

 

B. Casual Shirt

Sebagus apapun bahan yang digunakan atau motif yang dibuat, jika kemeja punya lengan pendek berarti termasuk jenis kemeja casual. Kemeja ini biasanya dipakai dengan kerah tidak di kancingkan, dan terlihat aneh juga tidak disarankan memakai dasi. contoh gampangnya kemeja casual adalah kemeja pantai yang beberapa bulan ini pria banyak yang suka karena desainnya yang casual dan santai.

 

Bagian Penting Kemeja Pria

Bagian Penting Kemeja Pria

 

Secara keseluruhan, bagian penting apa saja dari kemeja yang perlu kita ketahui adalah seperti yang anda lihat di gambar bawah ini, walaupun masih ada bagian detail yang lain yang tidak di tunjukan.

 

1. Bagian Penting Kemeja Pria : Bagian Collar

Bagian kemeja yang ini adalah bagian yang sangat penting untuk kemeja, ada banyak tipe kerah atau collar seperti button down collar, pointed collar, spread collar, dan pin & tab collar serta yang lain.

 

Dari tipe kerah menentukan tingkatan kemeja itu lebih ke formal atau casual yang dapat kita pakai untuk sebuah acara dan juga pasti nya harus disesuaikan dengan bentuk wajah kalian.

 

2. Bagian Penting Kemeja Pria : Bagian Lengan

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya di atas, jika kemeja memiliki lengan yang pendek itu berarti di pakai untuk acara yang casual. biarpun untuk kemeja lengan panjang sendiri tidak semuanya untuk acara yang formal saja, seperti contohnya untuk kemeja flannel maupun lengan panjang tidak cocok dengan acara formal.

 

Dalam kita menentukan sebuah kemeja, lumayan agak sulit untuk mencari kemeja dengan fit lengan yang pas dengan ukuran tubuh kita, apalagi kemeja yang memiliki lengan panjang.

 

3. Bagian Kemeja Pria : Bagian Cuff

Bagian Penting Kemeja Cuff

 

Biarpun punya bentuk yang kecil, bagian kemeja yang satu ini sangat berguna. Selain kerah, cuff adalah termasuk bagian yang kelihatan saat kita pakai jas atau jacket untuk datang ke urusan yang formal.

 

Ukuran cuff disarankan memiliki ukuran lebih panjang sekitar 1-1,5 inchi dari jas kalian. Ada beberapa model cuff pada kemeja yang bisa kalian pakai, dari yang standar atau biasa kemeja pria pakai ataupun tipe lain seperti kemeja yang pakai cufflink untuk tipe kemeja double manset.

 

4. Bagian Penting Kemeja Pria : Placket

placket pada kemeja pria

Kebanyakan kemeja formal atau kemeja casual pasti punya bagian yang satu ini. Seperti yang kita bisa ketahui dari gambar yang diatas ini, placket terdapat diposisi bagian kiri depan dengan mempunyai beberapa lubang kancing yang berjajar vertikal.

 

5. Yoke

Yoke adalah elemen kemeja yang merupakan bahan yang menyambungkan kemeja bagian depan dan belakang, selain itu juga berfungsi menyamarkan tulang bahu kita. Yoke memiliki 2 tipe, yaitu one-piece yoke dan two-piece yoke. Kemeja formal umumnya memakai one-piece yoke.

 

6. Pleat

Kita sudah mengetahui bahwa bagian punggung pria tidak lah rata. Oleh sebabnya banyak bagian belakang kemeja yang di dibuat dengan ditambahkan pleat yang berguna untuk menyesuaikan bentuk tubuh bagian punggung kita. Ada 2 macam tipe pleat yang bisa kalian jumpai pada kemeja pria, yaitu box pleat dan side pleat. Tetapi banyak juga kemeja yang di buat tanpa menggunakan pleat.

 

Masih ada bagian kemeja yang lebih lengkap dari sebuah kemeja. Sebenarnya akan membuat bingung, tetapi paling tidak kalian perlu memfokuskan ke-6 bagian penting kemeja di atas saat akan membeli kemeja baru untuk melengkapi kemeja kalian.

Select your currency
IDR Indonesian rupiah
× How can I help you?