Bahan linen terbuat dari serat linen menurut sejarah tercatat pertama kali oleh manusia. Linen berasal dari serat kulit pohon flax yang termasuk dalam tumbuhan alang-alang yang relatif mempunyai ukuran yang lebih panjang dari serat berasal dari alam lainnya dengan panjang rata-rata 25 sampai 150 cm dan berdiamater antara 12 – 16 mm. Untuk jenis serat yang memiliki ukuran panjang pasti akan menghasilkan kain linen yang halus, sedangkan untuk jenis serat linen dengan ukuran yang pendek kain linen yang dihasilkan akan lebih terasa kasar.

 

Bahan Linen Murni

 

Serat linen yang memiliki ruas yang membuat bahan linen punya karakter yang lentur dan bertekstur bila di pegang. Dan juga, serat linen agak mengkilap saat dijadikan benang, hal ini yamng membuat bahan linen kelihatan lebih mengkilap jika kita bandingkan dengan serat alami yang lain. Bahkan bagan pada serat linen yang mempunyai shape polygonal tidak beraturan ikut membuat tekstur yang agak kasar pada kain.

 

Sejarah Unik Pada Bahan Linen

Kata linen berakar dari Bahasa Jerman dengan nama latin linum serta linon dalam Bahasa Yunani yang punya arti tumbuhan rami. Dan ternyata kata linen telah memunculkan berbagai macam istilah lain seperti line atau garis, lining (kain yang biasa untuk lapisan pakaian), lingerie yang mulanya dibuat dari bahan linen.

 

Sejarah linen yang lama telah diketahui dari ribuan tahun telah ditandai dengan ditemukan peninggalan kuno dari jerami, biji, serta, benang dan bermacam-macam jenis kain linen sekitar tahun 8000 SM di Negara Swiss. Dan juga saat ditemukan serat rami berada di sebuah gua prasejarah di Georgia sekitar 36.000 tahun yang lalu ini membuat petunjuk bahwa kain linen yang diciptakan dari serat rami liar telah dipakai oleh manusia dari zaman dahulu.

 

Pada zaman Mesir Kuno, kain linen dapat dipakai sebagai mata uang. Hal ini dapat dibuktikan dari penemuan kain pada pembungkus tubuh mumi di mesir yang diberi simbol cahaya, kekayaan, dan serat keberhasilan untuk yang memakainya. Bahkan Cleopatra yang merupakan fashion icon mesir juga memakai material dari linen.

 

Waktu zaman Mesopotamia Kuno, rami semakin terkenal dengan dibudidayakan dan kain linen diproduksi secara massal. Bahan linen dipakai hanya untuk kelompok orang-orang menengah ke atas dan para kepala adat. Pada waktu itu, kain linen  dibilang sebagai kain yang syarat akan kehormatan. Linen selalu memiliki biaya yang mahal karena susah dalam membuat benangnya. Hal ini karena benang rami tidak lentur dan susah saat menenunnya menjadi sebuah bahan atau kain tanpa putus.

 

Bahan Linen Rami Yang Unik

 

Di Negara Jerman, lebih tepatnya berada di kota Bielefeld uang kertas telah dibuat diatas Material dari linen pada tahun 1923. Orang dari fenisia dengan armada dagangnya membawa rami dan membuat linen di Irlandia. Belfast menjadi jantung produksi linen terkenal di sejarah. Linen dibuat secara masal pada zaman Victoria. Dan juga beberapa agama membuat aturan mengenai linen. Pemimpin agama Yahudi juga membatasi pemakaian bahan campuran linen dan wol. Didalam Alkitab pada ayat Amsal 31 dibilang bahwa malaikan juga memakai linen.

 

Tetapi sekarang ini, Material  linen bisa dipakai dalam segala kebutuhan seperti dekorasi rumah, kemeja menggunakan linen, hingga produk industri. Penggunaan Material  linen berubah dalam waktu kewaktu sepesialnya dalam waktu kurang lebih 30 tahun terakhir. Sementara sekitar tahun 1970-an, penggunaan kain lain hanya sebanyak 5 persen untuk fashion item. Hal ini telah berubah pada tahun 1990 an sebanyak 70 pesen kain linen telah digunakan dalam industri fashion.

 

Kebutuhan kain dalam dunia fashion berkembang dengan cepat dari tahun ke tahun. kain linen menjadi pilihan yang sangat bijak dalam menyumbang konsep ramah lingkungan karena bahan ini terbuat dari serat yang alami. Selalu mengikuti trend memang tidak masalah, tetapi coba juga mempertimbangkan tentang dampak lingkungan menjadi keputusan yang bijak dalam membeli sebuah pakaian.

 

Kelebihan Matrial Linen

Material linen selain merupakan jenis kain yang berkualitas bagus, kain ini juga punya banyak sekali kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan bahan linen yang dapat kalian ketahui.

 

1. Material Linen Punya Bahan Yang tebal

Bisa dibilang bahwa semua jenis kain linen punya serat yang tebal, bila dicompare dengan jenis bahan yang lain. Berarti sudah pasti jika kualitas serat linen sangat bagus dan kualitas baik.

 

Serat pada benang juga tebal, jadi membuat bahan linen menjadi lebih kuat saat dipegang. maupun begitu, bahan linen bukan hanya salah satu jenis bahan kain yang disukai dipasaran, karena bahan ini merupakan termasuk jenis material yang tergolong heavy.

 

2. Linen Membuat Tubuh Lebih Berasa Dingin Saat Digunakan

Material  linen merupakan bahan kain yang sejuk bila dijadikan sebuah kemeja. Jadi material ini sangat boleh dipertimbangkan untuk bahan kemeja kasual. Karena dengan pakaian yang sejuk, maka saat dipakai juga akan terasa lebih nyaman saat beraktifitas.

 

3. Tekstur Bahan Yang Halus

Sudah menjadi hal biasa, semua jenis material kain yang dibuat dari serat alami pasti akan punya tekstur yang halus, kain tersebut saat disentuh akan terasa sangat halus. Sehingga orang-orang banyak yang suka baju dengan material linen ini.

 

4. Serat Bahan Yang Tidak Tergerai

kain linen punya serat kain yang berpola sangat rapi. Tidak seperti material kain yang terbuat dari cotton. kain linen pada umumnya punya serat kain yang tidak tergerai atau di dalam bahasanya sering di sebut terurai.

 

Kekurangan Kain Linen

Apapun pasti punya kelemahan dan kelebihan, begitupun dengan kain linen yang punya kekurangan juga. Bahan linen tergolong berat. Untuk kalian yang tidak suka memakai pakaian dengan bahan yang berat, maka kain linen mungkin tidak pas untuk kalian. Sebagai alternatifnya, kalian bisa memakai bahan cotton yang biasanya berasal dari kapas.

 

Bahan yang berat juga lumayan sulit saat proses pencucian dan pengeringan. Namun anggapan bahwa kain linen meskipun merupakan material kain yang berat tapi masih cenderung relatif dan bahan ini juga memliki beberapa jenis.

 

Sebagai contohnya bahan katun linen look, banyak yang bilang bahwa bahan ini merupakan kain yang heavy, namun beberapa orang ada yang berpendapat tidak berat. Mungkin karena materialnya tebal, jadi orang langsung beranggapan bahwa bahan yang tebal pasti berat.

 

Infografis Bahan Linen

Infografis Bahan Linen

Select your currency
USD United States (US) dollar
× How can I help you?