cara mencuci kain linen

Terbuat dari serat tumbuhan rami, manusia sudah menggunakan bahan linen selama lebih dari 6.000 tahun. Namun, sebagian dari kita masih takut untuk mencucinya. Mengapa kalian ingin tahu cara mencuci kain linen? Karena seperti halnya bahan wol, linen telah dibilang orang-orang bahwa cukup sulit untuk dicuci dan dirawat. Yang benar adalah, begitu kalian tahu cara mencuci linen dengan benar, ternyata tidak susah. Jadi, untuk mempersiapkan kalian pada musim trend pakaian linen, saya telah menyusun panduan yang cukup mudah untuk mencuci kain linen ini.

3 Golden Rules Cara Mencuci Kain Linen

Kebanyakan orang salah mengetahui cara mencuci kain linen yang tepat. 3 peraturan penting ini harus selalu di terapkan. kalian boleh mengingat atau mencatatnya, dan kalau sudah mengikuti golden rules ini mudah-mudahan tidak terjadi masalah pada kain linen kesayangan kalian.

  • Jangan menggunakan air panas – mencuci menggunakan air yang panas akan menyebabkan penyusutan dan penurunan kualitas bahan.
  • Jangan menggunakan mesin pengering – Suhu yang tinggi dan gerakan berputar dari mesin pengering akan menyebabkan kerutan atau creasin yang berpotensi tidak dapat diperbaiki maupun kita sudah menyetrikanya.
  • Jangan gunakan bio deterjen – terdapat Enzim dalam bio deterjen. Enzim ini berguna untuk menghilangkan protein dari noda makanan. Akan tetapi Serat linen terbuat dari protein sehingga enzim ini secara bertingkat akan merusak kain linen kalian.

Cara Mencuci Kain Linen – 5 Cara yang Mudah

1. Apakah Kita Perlu Mencuci Kain Linen?

mencuci kain linen

Salah satu yang menjadi karakteristik unik kain linen adalah kurang elastis. Kain linen yang kaku ini memungkinkannya menahan bentuk atau shape. Jadi, jika kalian menemukan pakaian atau kemeja linen mulai terkulai atau terasa lemas sedikit atau kehilangan bentuk karena pemakaian sehari-hari, ini akan menjadi waktu yang pas untuk mencuci. Dry cleaning bisa kalian pilih, terutama jika label perawatan menunjukkan ‘dry clean saja’, namun, sebagian besar pakaian atau kemeja linen benar-benar bagus dengan mesin cuci yang biasa ada di rumah.

2. Periksa Noda Pada Kain Linen

noda pada kain linen

Periksa pakaian linen kalian untuk mengetahui adanya noda atau tidak. Noda yang kasar akan membutuhkan jasa laundry pakaian yang bagus karena bila kita hanya mencuci biasa dengan suhu yang rendah mungkin tidak akan cukup untuk menghilangkan noda yang membandel. Biasa nya untuk Jasa Laundry yang bagus bisa punya cara mencuci kain linen yang terdapat noda membandel. Saran Saya lebih baik di bawa ke tempat laundry agar pakaian atau kemeja kalian yang berbahan linen tidak malah makin rusak.

3. Selalu Periksa Tag Perawatan

Memeriksa tag perawatan

Selalu perhatikan label perawatan pakaian kalian untuk mengetahui suhu yang telah di rekomendasikan untuk mencuci pakaian linen kalian. Biasanya suhu yang disarankan pakaian linen harus dicuci pada suhu sedang hingga dingin, namun, untuk pakaian yang bukan 100% linen murni mungkin dapat menahan suhu yang lebih tinggi.

4. Saatnya Menyalakan Mesin Cuci kalian!

Atur mesin cuci kalian ke suhu yang disarankan (jangan suhu yang panas!), Saya saran kan memakai mode pada mesin cuci dengan putaran yang lembut tidak terlalu kencang. Jangan lupa tambahakan non-bio deterjen atau larutan sabun alami. Mungkin di Indonesia jarang ada yang menjual deterjen khusus untuk merawat dan menjaga kain atau bahan linen, tetapi kalian bisa juga menggunakan non-bio deterjen biasa.

cuci kain linen dengan benar

Nah sekarang kalian bisa menunggu proses pencuciannya. Kalian juga bisa mencampur kemeja atau pakaian lain yang serupa untuk dicuci, tetapi disarankan agar kemeja atau pakaian dari linen diberi ruang yang cukup di dalam mesin cuci, sehingga mengurangi kerutan dan kusut.

5. Menjemur Hingga Kering

menjemur dengan cara digantung

Setelah proses pencucian sudah selesai, keluarkan kain linen kalian dari mesin cuci saat masih sedikit lembab. Untuk mengeringkan dengan benar, gantung tidak kena matari langsung. Dengan cara di gantung akan sangat mengurangi terjadinya susut dan kusut.

Bagaimana? Mudah bukan cara mencuci kain linen? Bila kalian bisa menerapkan cara-cara yang sudah saya infokan di atas mudah-mudahan kain atau kemeja linen kalian akan jadi lebih awet.

 

× How can I help you?