Sekarang ini, sepatu sneakers bisa menjadi salah satu item fashion yang tidak bisa lepas dari lifestyle orang banyak. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa sangat umum menggunakan sneakers untuk kegiatan sehari-hari. Dan juga bagi mereka yang lebih sering bekerja di luar atau outdor, rata-rata menggunakan sepatu sneakers karena dinilai simpel dan nyaman. Akan tetapi, di balik rasa nyaman saat menggunakan sneakers, masih banyak orang yang kebingungan cara mencuci sneakers. Apa lagi jika sepatu sneakers punya warna terang dan akan sangat kelihatan bila kotor sedikit saja.

cara mencuci sneakers dengan tepat

Cara mencuci sneakers yang benar bisa dibilang tidak mudah dan tidak terlalu sulit juga. Tidak seperti saat kita mencuci pakaian yang hanya tinggal dimasukkan ke air yang sudah di larutkan dengan sabun, kucek, dan bilas. Mencuci sneakers ini membutuhkan tips dan trik khusus. Bila salah-salah mencuci maka membuat sneakers kalian tidak bersih, dan warnanya yang tadinya putih malah menguning, bahkan terkadang bisa membuat ukurannya menyusut. Yang pasti kalian enggak ingin sneakers kesayangan bernasib sepert itu, bukan? supaya tidak salah cara mencuci sneakers, yuk saatnya simak tips berikut ini!

Tips Cara Mencuci Sneakers dengan Tepat

Menjaga dan merawat sneakers pun tidak bisa asal karena terbuat dari beragam jenis material pada bagian uppernya. Makanya Supaya kalian lebih mengerti, berikut ini tips cara mencuci sneakers dengan benar, yang telah saya rangkum dari berbagai sumber:

1. Menggunakan Sikat Gigi

mencuci sneakers pakai sikat gigi

Tips paling awal cara mencuci sneakers secara manual dengan menggunakan sikat gigi yang sudah tidak digunakan atau bekas. Pertama-tama, sikat gigi tersebut dibasahi sendikit menggunakan air. Kemudian, siapkan wadah yang sudah di larutkan air dengan sedikit cairan khusus pembersih sneakers, sikatlah bagian sneakers yang terdapat noda dengan dua arah. Cara ini berguna untuk semua sneakers, terutama bahan canvas dan suede supaya bulunya tidak menjadi kasar. tetapi untuk material kanvas, sebaiknya jangan terlalu keras dalam menyikatnya.

2. Memakai Sneakers Cleaner Khusus

sneakers cleaner khusus

Waktu mencuci sneakers, sangat tidak disarankan menggunakan sabun colek maupun detergen untuk pakaian. karena, sabun tersebut mengandung bahan kimia dan pemutih yang lumayan keras apabila kalian pakai untuk mencuci sneakers. Saya menyarankan, menggunakan sneakers cleaner atau sabun khusus sepatu supaya bagian upper sepatu kesayangan tidak malah menjadi rusak. Kalian bisa menggunakan merek jason markk yang sudah terkenal karena bagus atau bisa mencari sneakers cleaner lokal yang sekarang sudah banyak.

3. Memakai Baking Soda dan Air Hangat

cara mencuci sneakers pakai bakingsoda

Baking soda atau soda kue ternyata bisa dipakai untuk mengatasi noda yang sulit dibersihkan pada sneakers kalian. Caranya lumayan mudah, campur baking soda dengan air yang hangat. Lalu, bersihkan kotoran yang menempel pada sneakers dengan sikat dengan bulu yang lembut. Dengan menggunakan baking soda, cara mencuci sneakers semakin gampang, apalagi untuk sneakers berwarna putih.

4. Menggunakan Penghapus Pensil Untuk Sneakers Berbahan Suede

penghapus pensil membersihkan suede

Kalian pasti banyak yang belum tahu, ternyata penghapus pensil bisa membantu menghilangkan noda di sepatu sneakers. Kalian bisa menggosokkan penghapus pensil pada noda yang membadel, sampai benar-benar hilang kotorannya. Tetapi cara ini sangat efektif untuk sneakers berbahan suede, untuk bahan canvas kurang optimal apa bila menggunakan penghapus pensil.

5. Jangan Menjemur Kena Matahari Langsung

cara menjemur sneakers yang benar

Sinar matahari ternyata sangat tidak bagus untuk sneakers kalian. Bila kalian menjemur langsung terkena sinar matahari yang menyengat maka warna sepatu kalian lama kelamaan akan pudar. Makanya, saat mengeringkan setelah mencuci, sebaiknya cukup diangin-anginkan saja atau bisa di letakan di area rumah yang tidak terkena sinar matahari langsung. Lalu, tinggal menunggu saja sampai sneakers kalian kering sendirinya.

6. Jangan Memakai Mesin Cuci

cara mencuci sneakers pakai mesin

Faktanya, cara mencuci sneakers memakai mesin cuci ini tidak disarankan karena akan membuat sneakers kesayangan kalian malah menjadi rusak. Kalian bisa saja bila ingin menggunakan mesin cuci bagi yang tidak punya banyak waktu untuk mencuci sendiri. Akan tetapi, sebelum memakai mesin cuci, lebih baik paham betul material sneakers yang akan dicuci. Material sneakers dari kanvas, kulit imitasi, karet, plastik, dan rajut, bisa dicuci pakai mesin cuci. Tetapi untuk sneakers dengan material suede dan kulit asli sebaiknya jangan menggunakan mesin cuci.

 

× How can I help you?