Menurut sejarah kemeja flannel atau disebut juga dengan bahan Felt adalah sejenis kain atau material yang terbuat dari serat wol, dan tidak melalui proses tenun tetapi terbuat melalui proses Pemanasan dan Penguapan yang akhirnya menghasilkan bentuk yang beragam dan ekslusif, jika kalian adalah salah satu fans dari kemeja Flanel atau Felt maka kalian harus tahu cara merawat kemeja flannel atau Felt ini.

cara merawat kemeja flannel

Punya desain yang keren, membuat kemeja flanel jadi pilihan banyak pria untuk bergaya. Sangat keren dipadukan dengan beragam outfit, kemeja flanel memang cocok dipakai di segala suasana. Sayang, masih banyak pria tidak sadar gimana cara merawat kemeja kesayangan para cowok ini. Main asal cuci, jadinya membuat warna kemeja flannel biasanya cepat pudar dan serat kain menjadi kasar. Cara Merawat kemeja flannel sangat gampang namun ada beberapa hal yang kalian perlu perhatikan dan sedikit beda dari perawatan kemeja dengan bahan lain, supaya kemeja flannel yang kita miliki awet dan tahan lama, tentu kalian harus perhatikan cara merawatnya.

Berikut Saya Akan Infokan Beberapa Tips Praktis yang Dapat Dilakukan Untuk Cara Merawat Kemeja Flannel

1. Saat Mencuci Jangan Mencampur Kemeja Flannel Dengan Pakaian Lain

cara merawat kemeja flannel mencucinya

Ya, agar tidak luntur atau menjadi rusak memang ada baiknya kalian pisahkan kemeja flannel saat dicuci dengan baju yang lain. Selain itu, jangan mencuci kemeja flannel dengan mesin cuci karena dapat merusak serat pada bahan dan membuat kemeja flannel kalian menjadi kasar.

2. Memakai Air Dingin Jangan Memakai Air Hangat atau Panas

Yup, cara merawat kemeja flannel saat mencucinya usahakan untuk tidak memakai air hangat maupun panas melainkan air dingin. Mengapa menggunakan air dingin? Karena air hangat bisa membuat serat pada bahan flannel malah terurai dan warna jadi gampang pudar. Rendam kemeja flannel menggunakan air dinggin yang sudah dicampur deterjen khusus yang berguna melembutkan untuk menjaga bahan flannel agar tidak gampang rontok.

cara merawat kemeja flannel mencucinya

Pastikan jangan merendam kemeja flannel terlalu lama. Cukup rendam kurang lebih 15 menit saja dan langsung kucek dibagian yang ada noda dengan tangan dengan gerakan lembut. Jangan di kucek terlalu keras, karena bisa membuat kemeja flannel menjadi gampang rusak. Bila sudah merendam dan mengucek, lalu segera bilas kemeja flannel menggunakan air dingin yang bersih hingga sisa-sisa sabun menghilang.

3. Menjemur Kemeja Flannel Tidak Kena Matahari Langsung

Cara merawat kemeja flannel selanjutnya adalah dengan menjemur supaya kering secara alami. Hindari mengeringkan menggunakan mesin pengering pada mesin cuci, supaya kemeja flannel kesayangan tidak gampang rusak atau warnanya pudar. Dan sebelum menggantung ada baiknya kalian merendam kemeja yang sudah dibilas dengan air yang sudah dilarutkan pengharum pakaian selama kurang lebih 5-10 menit. Agar serat kain tetap lembut dan tidak kusut.

cara merawat kemeja flannel menjemur

Selalu di ingat kemeja flannel dengan menjemurnya tidak kena sinar matahari langsung. Carilah tempat yang teduh, agar kemeja flannel kalian tidak menjadi kusam dan saat menjemur kemeja di balik, bagian dalam jadi diluar. Alasannya meminimalisir warna yang pudar.

4. Cara Merawat Kemeja Flannel Selanjutnya Dengan Disetrika

menyetrika material flannel

Sehabis dijemur dan kering, segera rapikan menggunakan setrikaan. Namun selalu diingat, saat menyetrika tetap keadaan dibalik kemejanya. Jadi bagian dalam yang disetrika bukannya bagian luar yang kelihatan lembut. Ini sangat harus dilakukan untuk menghindari memudarnya warna kemeja kalian dan serat kainnya menjadi kasar.

Cara Merawat Kemeja Flannel, Menyimpan Dengan Benar

Menyimpan bahan flannel

  • Setelah disetrika dengan cara diatas, kemeja flanel dapat disimpan lamgsung disimpan dalam lemari pakaian
  • Penyimpanan dapat dengan cara menggantungnya atau dengan melipat tetapi dengan rapi sesuai dengan kapasitas penyimpanan yang kalian punya.

Gimana, gampang bukan cara merawat kemeja flannel? tidak akan menjadi rusak, kemeja kesayangan akan awet dan bertahan lama, kalian juga tetap kelihatan kece.

× How can I help you?