Produksi celana jeans ini sendiri dimulai dari pria yang bernama Levi Strauss, pemuda yang kisaran usia 20 tahun yang berasal dari Bavaria Negara Jerman. Levi datang ke San Francisco sekitar Tahun 1847 dengan bermodal sedikit potongan material kain yang akan dijualnya ke Barat. Pada waktu itu, tambang emas sedang menjadi mata pencarian utama di Amerika Serikat. Kemudian Levi mencoba mempertaruhkan nasib dengan menjual material kain yang dibawanya ke para penambang emas. Dan ternyata, Levi sukses menjual seluruh bahan yang dia bawa, kecuali material yang terbuat dari bahan kanvas.

sejarah celana jeans

Nahh dari saat itu, Levi kemudian membuat beberapa celana untuk kemudian dijual kembali ke para pekerja tambang emas menggunakan material kanvas. Celana tersebut ternyata memperoleh animo positif dari para pekerja tambang. Hal ini disebabkan celana kanvas punya durability yang lumayan baik, tidak gampang rusak, ataupun sobek. Dari dasar itu, Levi akhirnya berimprovisasi dengan menggunakan material lain yang dia dapatkan dari Genoa, Italia. Dari sanalah, Levi mulai membuat jeans dalam jumlah besar dan para pekerja di tambang menyukai celana buatannya.

Baca Juga : Pengertian Dan Tips Sebelum Membeli Selvedge Denim Yang Punya Karakter Vintage

Dalam waktu yang sebentar, celana jeans ciptaan Levi makin populer dan menjadi celana resmi para penambang. Hal ini juga kemudian berdampak pada status sosial dan ekonomi yang mengatakan bahwa jeans merupakan celana kelas pekerja. Pemakaian jeans semakin meluas pada waktu perang dunia, di mana para prajurit Amerika Serikat saat itu memakainya saat tidak bekerja. Setelah perang dunia berakhir, pada tahun 1950 an, jeans menjadi salah satu kategori celana yang harus dimiliki anak-anak muda di Amerika Serikat.

Hal ini terjadi karena style dari artis Amerika Serikat, James Dean yang terlihat stylist dan kece dengan jeans yang dia pakai dan menciptakan trend baru dikalangan anak muda. Sekitar tahun 1960 sampai 1970, lifestyle menggelandang ala hippy menciptakan kreasi baru adaldah dengan memakai celana jeans yang dihiasi dengan sulaman atau lukisan cat.

Sekarang ini, celana jeans bisa dibilang telah menjadi bagian dari aktivitas dan dikenakan oleh seluruh kalangan masyarakat tanpa mengenal status sosial mereka. Banyak style dan jenis jeans yang bisa disesuaikan dalam situasi dan kondisi para pemakainya. Tidak sebatas celana saja, material denim juga bisa dibuat sebagai  jaket pria, topi dan sebagainya.

Tipe Celana Jeans Pria Model Sekarang Yang Membuat Tampilan Lebih Kece

Celana jeans bisa dibilang merupakan salah satu outift wajib bagi semua pria. Karena, celana ini memang sangat pas digunakan dalam acara apa pun dan sangat mudah dipadukan dengan atasan apa pun.

celana jeans merek jepang

Sayang, kaum pria banyak yang masih belum paham betul dengan model celana jeans yang awalnya dipakai untuk para pekerja tambang di Amerika ini. Jadi, tidak jarang banyak pria cuma asal pilih model celana jeans yang akhirnya membuat penampilan jadi gak keren dan kelihatan apa adanya. Yang menjadi salah satu icon celana ini adalah punya saku kecil di bagian kantong. Kalau menurut sejarahnya fungsi kantong kecil pada celana jeans ini adalah untuk menyimpan jam saku atau pocket watch pada jaman dahulu.

Baca Juga : Kenali Celana Chino Dan Cara Kenakannya Agar Terlihat Makin Tampan

Nah, supaya kalian tidak sampai salah pilih celana jeans lagi maka kalian wajib nihh untuk memerhatikan tipe celana jeans yang cocok dipakai para pria. Pasti deh, setelah lihat tipe-tipe jeans pria di bawah ini maka penampakan kalian bakal lebih manly dan retro abis.

High Rise Jeans

Celana denim pria tipe yang ini sangat cocok untuk mereka yang punya bentuk badan proporsional. Karena, pada bagian pinggang celana ini punya fit atau potongan yang pas di atas pusar.

tipe jeans high rise

Coba saja dibayangkan kalau kalian yang punya perut agak buncit atau badan yang tidak proporsional memakainya. Bisa jadi bahan tertawaan teman-teman kalian deh!

Celana Jeans Low Rise

Nah tipe low rise ini adalah celana jeans dengan cutting pinggangnya jatuh tepat 3 cm di bawah pusar atau tepat pada bagian pinggul. Jeans tipe ini akan membuat penampilan kalian kelihatan seksi jika dipakai oleh pria yang punya perut yang rata.

tipe low rise

Celana ini makin terlihat kece karena dapat menunjukkan garis V pada pinggul yang umumnya dimiliki oleh para pria yang hobby dengan olah raga fitness.

Regular Fit Jeans

Layaknya tipe jeans Low Rise, celana dengan tipe regular fit satu ini fit pada bagian panggulnya ada di bawah pusar. tetapi, khusus tipe jeans ini lebih pas dipakai oleh para pria yang punya ukuran badannya besar.

tipe regular leg

Tetapi, kalian juga wajib memperhatikan pada bagian pinggul celana regular fit yang akan kalian pakai. Kalau kalian punya pinggul cukup besar, maka sebaiknya jangan memilih celana regular fit dengan efek fading atau scratch pada bagian itu.

Celana Jeans Pria Skinny

skinny leg

Kalau badan kalian tidak terlalu proposional ala model iklan susu nutrisi untuk pria, maka bisa memakai jeans tipe skinny. Celana tipe ini ini style kalian tetap keren dan modern, soalnya celana ini akan mengikuti siluet kaki kalian dan ketat sampai bagian tungkai. Saran saya bila kalian bertubuh kurus sangat tidak cocok dengan tipe skinny karena akan membuat kalian makin terlihat kurus.

Baca Juga : Tips Memilih Jaket Denim Yang Wajib Kalian Ketahui!

Straight Leg jeans

celana jeans straight leg

Ini adalah tipe jeans favorit saya pribadi. Karena Memberikan tampilan vintage style yang kental. Sangat pas untuk kalian punya badan gemuk atau badan kurus sangat bisa memakai celana jeans tipe ini, celana ini akan membuat kalian lebih keren dan trendy. Mempunyai fit yang sama lebar dari bagian lutut hingga tumit, sehingga membuat kaki kalian akan terlihat lebih ramping. Jangan lupa untuk dikombinasikan dengan kemeja pria dengan model retro agar makin keren.

Boot Cut Jeans

Boot cut fit

Kalau kalian suka dengan style yang anti mainstream, maka memakai jeans tipe boot cut bisa jadi pilihan. Shape yang agak ketat di bagian paha dan melebar mulai dari bagian lutut sampai ke tumit bisa jadi opsi yang tepat untuk kalian yang kepingin tampil maskulin dan unik.

 

× How can I help you?