Enggak semua pria punya badan yang ideal. Ada yang punya badan kurus, dan gemuk. Jika kalian termasuk pria yang tipe badannya kurang dari kata ideal, maka enggak perlu cemas. Fashion untuk pria gemuk dan pendek bisa kalian pakai dan membantu mengurangi impresi badan tidak ideal tersebut.

 

Baju yang melekat pada tubuh kalian berguna untuk memberikan ilusi atas shape badan kalian. Jadi untuk kalian yang tidak peduli dengan cara berpakaian, sebaiknya mulai upgrade sedikit style berpakaian kalian agar bisa tampil kece ke manapun kalian pergi.

 

fashion untuk pria gemuk dan pendek

 

Mendapat ide dari seorang teman yang punya badan gemuk, saya membuat artikel mengenai tips fashion untuk pria gemuk dan pendek. Meskipun enggak langsung membuat tampil menjadi ideal banget, lumayan untuk menambah rasa percaya diri sehari-hari kalian bro.

 

Baca Juga: 8 Tips Untuk Style Pria Yang bertubuh Kurus Agar Makin Terlihat Tampan

 

Cara Memilih Baju yang Harus Dihindari Untuk Pria Gemuk dan Pendek

Sebelum masuk ke tipsnya, Kalian bisa membaca dulu beberapa hal umum yang sebaiknya coba lo hindari saat memilih baju untuk sehari-hari:

 

1. Hindari Memakai Baju Kebesaran untuk Pria Gemuk dan Pendek

Jika biasanya pria kurus berpikir menggunakan pakaian kebesaran agar terlihat berisi adalah salah, maka hal tersebut juga terjadi pada orang gemuk. Mungkin kalian berfikir bisa menyembunyikan bentuk asli tubuh lo dengan atasan yang terlalu besar. Sayangnya, ini malah membuat badan kalian kelihatan makin besar dan aneh.

 

2. Hindari memakai Pakaian atau Atasan dengan Motif Berukuran Besar Untuk Pria Gemuk

Enggak hanya size pada pakaian yang harus menjadi perhatian kalian. Motif atau corak pada baju kalian juga perlu diperhatikan. Ukuran gambar logo ataupun grafik lain dengan ukuran besar pada baju lo akan memberikan efek besar pada pemakainya.

 

3. Hindari Memperlihatkan Terlalu Banyak Bagian Tubuh Untuk Pria Gemuk dan Pendek

Ketika kalian menonjolkan bagian tubuh yang terlihat jelas seperti misalnya perut, betis, dan lengan, orang-orang di sekitar atau lawan bicara lo akan gampang tertuju kepada bagian yang terbuka tersebut. Jika bagian tersebut terdapat lipatan lemak yang cukup banyak, maka akan mempertegas kegemukan lo.

 

4. Hindari menggunakan Gaya Berpakaian yang ribet Khusus Pria Gemuk

Contoh gampangnya, kalian kepingin menggunakan tiga sampai empat lapis baju atau biasa disebut layering karena terkesan keren. Atau, kalian menggabungkan banyak warna dalam style berpakaian lo.

 

Enggak cuma menimbulkan kesan norak, pakaian yang tebal atau warna warni memberikan kesan efek volume tubuh yang lebih besar dan membuat orang sekitar kalian lebih fokus pada kepala atau bagian tubuh lo yang lain. Akibatnya, kesan gemuk justru semakin kuat.

 

Baca Juga : Tips Memadukan Kemeja Lengan Pendek Agar Makin Tampil Keren!

 

Tips Fashion untuk Pria Gemuk dan Pendek yang Gampang Dilakukan!

Hal yang harus kalian perhatikan dalam berpakaian adalah tidak semuanya kebalikan dari cara berpakaian bagi pria kurus. Ada beberapa poin penting yang menjadi perhatian khusus saat memilih pakaian yang cocok untuk pria gemuk dan pendek. Perhatikan beberapa caranya di bawah ini:

 

1. Gunakan Ukuran Pakaian yang Pas di Badan Untuk Pria Gemuk dan Pendek

Ukuran pas untuk pria gemuk

 

Untuk kalian yang bertubuh kurus maupun gemuk, size pakaian yang tepat adalah yang pas di badan kalian. Jika si kurus pakai Slim Fit, maka buat lo yang punya gemuk dapat memakai Regular Fit, Plus Size, atau Custom Fit.

 

Kalau kalian gunakan yang ketat, yang ada malah timbul tonjolan lemak di tubuh lo yang akan semakin menguatkan kesan gemuk di mata orang lain di sekitar.

 

2. Gunakan Pakaian Warna Gelap dengan Celana Warna Cerah Untuk Pria Gemuk

warna gelap untuk pria gemuk

Jika warna cerah memberi kesan yang berisi, maka kebalikannya berlaku untuk warna gelap. Warna gelap layaknya hitam, hijau tua, ataupun biru tua memberi kesan kosong yang memberi efek lebih kurus.

 

Bila badan lo jauh lebih gemuk dibandingkan pada bagian kaki, maka bisa memakai celana berwarna cerah untuk menyeimbangkan kesan terhadap proporsi tubuh lo dan untuk atasan bisa memakai kemeja pria hitam polos.

 

Baca Juga : Tips dan Trik Pakai Kemeja Putih Untuk Tampil Keren Maksimal

 

3. Memakai Jenis Dasi Pria yang Lebar Khusus Pria Gemuk dan Pendek

jenis dasi pria gemuk

 

Untuk kalian yang ngantor dengan pakaian formal atau akan pergi ke acara yang harus pakai dasi, maka pakailah wide tie atau jenis dasi yang lebar. Jadi, saat kalian menggunakan skinny tie atau dasi yang slim, kesan tubuh lo yang besar akan semakin kuat.

 

Dasi yang lebar akan membantu memberi kesan pada tubuh lo terlihat lebih kurus. Pastikan juga supaya dasi yang kalian pakai punya warna lebih gelap dari kemeja yang kalian gunakan.

 

4. Gunakan Celana Straight Cut Pria Untuk yang Bertubuh Gemuk

celana straight cut pria gemuk

 

tips fashion untuk pria gemuk dan pendek selanjutnya dengan memakai celana jeans straight cut. Sudah kita bahas diatas pakaian yang tepat adalah yang ukurannya pas, jadi celana yang kalian pakai sebaiknya adalah Straight Cut.

 

Celana dengan fit skinny akan mempertegas lekukan kaki kalian yang besar, sedangkan boot cut malah akan memberikan efek pada kaki lebih kelihatan besar dari yang seharusnya.

 

5. Gunakan Atasan dengan Motif Simpel atau Kemeja Garis Vertikal untuk Pria Bertubuh Gemuk

kemeja garis untuk pria bertubuh gemuk

 

Ngomongin soal motif pada pakaian yang memberi kesan kurus, kalian bisa menggunakan pakaian dengan motif atau pattern polos atau sangat sederhana. Kalau mau lebih bagus, kalian bisa menggunakan kemeja yang memiliki motif garis vertikal. Corak ini cukup kuat memberikan kesan kurus.

 

Baca Juga : Kemeja Garis Pria Cocok Untuk Kalian Yang Suka Bergaya Minimalist

 

6. Pakai Atasan Lengan Panjang Untuk Pria Bertubuh Gemuk dan Pendek

lengan panjang untuk pria gemuk

 

Jika kalian memakai blazer pria, jas pria gemuk atau kemeja lengan panjang yang ukurannya pas, maka atasan tersebut akan membantu memberi kesan shape pada tubuh yang lebih ideal.

 

Pastikan kalian memakai pakaian tersebut pada acara yang tepat supaya tidak terlihat aneh. Misalnya kalau pergi ke pantai atau kolam renang, ya jangan memakai blazer bray.

 

7. Gunakan Pakaian dengan Material Ringan Untuk Pria Berbadan Gemuk

pakaian bahan ringan untuk pria gemuk

 

Bahan pakaian juga punya pengaruh cukup besar terhadap kesan bentuk tubuh. Pakaian dengan material yang berat dan bertekstur, contohnya wol akan menambah volume tubuh sehingga membuat kalian kelihatan lebih gemuk.

 

Atasan dengan material tipis dan ringan membuat lo lebih gampang bergerak, tampil lebih slim, dan menaikan mood sehari-hari.

 

Baca Juga : Model Jaket Pria 2020 dapat Membuat Kamu Semakin Up-to-Date

 

8. Pakailah Kaos dengan Kerah V-Neck Cocok Untuk Pria Bertubuh Gemuk

kaos v neck untuk pria gemuk

 

Kaos dengan kerah v-neck membuat bagian leher lo kelihatan lebih panjang. Hal ini membantu menetralisir kesan atas kepala yang besar dan pipi yang chubby.

 

Makanya, kalian jangan menggunakan pakaian dengan tipe kerah yang menyembunyikan area leher seperti jenis kerah turtle neck karena mempertegas kesan gemuk dari kepala.

 

9. Memakai Topi yang Cocok Untuk Pria Gemuk dan Pendek

topi untuk pria gemuk

 

Tips ini dapat kalian gabungkan dengan tips sebelumnya. Memakai topi dapat menyamarkan kepala yang besar dan pipi yang bulat. Jenis topi yang tepat juga dapat meningkatkan kesan yang kece. Gunakanlah topi yang sesuai agar kalian tampil makin percaya diri.

 

10. Pakailah Jam Tangan yang Agak Besar Cocok Untuk Pria Gemuk

jam tangan besar

 

Aksesoris ini dapat menyeimbangkan shape badan kalian yang gemuk. Pilihlah aksesoris layaknya jam tangan yang ukurannya sedikit supaya tubuh lo kelihatan lebih proporsional dan juga keren!

 

Baca Juga : Mengenal Ragam Tali Jam Tangan Kulit untuk Fashion Pria

 

Select your currency
IDR Indonesian rupiah
× How can I help you?