Dalam mencari pakaian yang pas, saya lebih suka dengan barang-barang yang esensial dan harus ada di dalam lemari. Karena fashion item ini tidak akan pernah ketinggalan jaman dan tidak akan tergerus oleh trend. Salah satu fashion item yang akan saya bahas kali ini adalah jaket denim. Sejarah denim jacket bisa saya bilang berjalan berbarengan dengan celana jeans. Mereka telah bertahan berbagai dekade. Digunakan oleh para koboi dan penambang, lalu oleh kaum grease, punk, hingga hippie dan menjadi lambang pemberontakan anak-anak muda sekitar tahun 1960 an. Kemudian menjadi simbol damai, love and sexual freedom pada tahun 1970 an hingga 1980 an. Sampai para wanita pun suka dengan jaket ini.

Jaket denim type III

Sekitar tahun 1990 an brand besar seperti Calvin Klein dan Guess membuat denim jacket dan membawanya ke atas catwalk. Kita jadi biasa melihat para supermodel memakai jaket denim dan telah diliput oleh berbagai media. Dari sini kita mengenal istilah designer denim atau premium denim. Dalam perjalanannya melewati beberapa puluhan tahun, model jaket denim tidak mengalami banyak evolusi. Untuk tahu model awal jaket denim kita harus melihat beberapa model awal yang telah dibikin oleh Levi’s. tipe awal ini bernama type I, II, dan III. Tipe yang paling terakhir, type III atau biasa dipanggil sebagai trucker jacket, adalah model jaket denim yang paling sering kita temui dipasaran. Jaket trucker ini kemudian menjadi pattern dasar dari banyaknya denim jacket yang beredar saat ini.

Jaket denim sangat nyaman dipakai karena selain material yang kuat, lumayan ringan, dan tidak sulit dalam merawatnya, material denim sangat cocok di berbagai cuaca, seperti cuaca dengan kelembaban tingkat tinggi layaknya di Indonesia. Kurang cocok untuk daerah yang sangat dingin, kecuali jika kalian juga menambah menggunakan sweater atau hoodie di dalamnya. Juga saat dimusim penghujan, karena basah lalu ditambah dengan udara yang dingin membuat bahan denim butuh waktu cukup lama untuk kering.

Tips Memilih jaket Denim yang Pas

Jaket denim memang memberikan tampilan keren dan maskulin secara keseluruhan dan cenderung gampang dipadukan dengan berbagai style casual hingga semi formal. Akan tetapi, tetap saja kalian harus paham betul kalau tidak semua denim jacket cocok dengan semua pakaian. Ada beberapa jenis pakaian yang tidak cocok bila dipadupadankan dengan jaket denim. Agar kalian tidak merasa salah kostum, Yuk di simak beberapa tips berikut ini.

Selalu Diperhatikan Model Jaket

Faktor paling penting sebagai pertimbangan ketika membeli baju adalah kenyamanan, jadi pilihlah denim jacket dengan material yang bermutu baik. Lalu, kalian bisa membeli jaket sesuai dengan kebutuhan atau acara yang akan kalian datangi. Dan juga, kalian juga harus mempertimbangkan fashion item lain yang cocok dengan ukuran dan bentuk tubuh kalian.

model jaket denim keren

Memilih pakaian adalah harus paham betul dengan shape tubuh sendiri karena itu salah satu rahasia menemukan baju yang pas tanpa terlihat norak atau memaksakan penampilan. Begitu pula dengan jaket denim, yang di jaman sekarang ini diproduksi dengan berbagai macam tipe dan model, mulai dari yang bertipe dasar hingga unik.

Jika kalian adalah pria penyuka denim jacket, bisa mencoba jaket dengan model sederhana untuk gampang dipakai sehari-hari. Sesuaikan juga dengan besar tubuh kalian dan usahakan supaya lengan jaket tidak terasa sempit ketika dipakai. Bila kalian memilih menggunakan ukuran yang lebih besar dari badan, denim jacket dapat memberikan impresi yang dewasa dengan sentuhan country, atau sebaliknya saat kalian memakai jaket dengan ukuran pas dengan badan atau lebih ketat, jaket denim ini bisa memberi kesan punk pada style kalian.

Perpaduan yang Seimbang

Kunci dari kombinasi yang baik bukanlah dengan menggunakan warna yang sama tetapi keseimbangan agar style akhir kalian memberi kesan yang seimbang, tidak terlihat ramai apalagi norak. Dan juga saat ingin memadukan jaket denim dengan fashion item lain yang ada di lemari. Kalian harus pintar-pintar dalam memilih material dan warna yang pas dipadukan dengan denim jacket favorit.

Jaket denim perpaduan seimbang

Salah satu style yang cukup simpel tetapi tetap eye catching, contohnya dengan memadukan celana jeans, kaos dan jaket denim. Bisa saja, kalian memadukan bawahan berwarna gelap, dengan kaos polos berwarna terang seperti putih ditambah denim jacket sebagai sentuhan terakhir pada style kalian. Padukan dengan sepatu bots kece untuk kesan yang lebih rugged atau sneakers untuk kesan lebih santai. Sebaiknya, jangan memakai aksesoris yang terlalu ramai agar tidak kelihatan terlalu penuh dan malah kelihatan norak.

Pilih Material Terbaik

Seperti yang kita sudah tahu, animo masyarakat terhadap jaket ini yang masih mengalir dari waktu ke waktu membuat jaket bermaterial denim masih jadi komoditi di pasar fashion. Berbagai produsen pun datang dengan tawaran yang sangat menarik agar denim jacket bisa dipakai semua kalangan. Harga yang tidak menguras kantong menjadi salah satu faktor yang menggiurkan.

Jaket denim material selvedge

Tetapi kalian tetap harus jeli dan cermat ketika membeli denim jacket. Utamakan kenyamanan dan pilih model serta material yang sesuai dengan kegiatan kalian sehari-hari. Jika ingin memakai denim jacket hanya sebagai outer, sebaiknya pilih dengan material lembut, ringan dan tidak terlalu tebal. Sebaliknya, jika denim jacket kalian lebih sering dipakai aktivitas luar ruang atau berfungsi sebagai pelindung badan dari angin, kalian bisa mencoba memilih material selvedge denim karena kualitas yang lebih bagus.

Salah satu kelebihan bahan denim berkualitas sangat bagus adalah terasa dingin di kulit serta sangat nyaman ketika digunakan. makanya, sangat disarankan membeli jaket denim dengan material terbaik. Selain nyaman, memilih material terbaik juga akan lebih awet.

Struktur bahan dan Warna yang Unik

Chinos dengan military look

Kalian bebas memadukan jaket denim dengan model apa pun dengan syarat menghindari kombinasi tekstur dan warna jeans yang sama dengan jaket yang kalian kenakan. Pilihlah celana jeans dengan fit yang baik, sesuai dengan bentuk tubuh kalian. Pastikan kontras pada warnanya seimbang, contohnya kalian bisa memadukan kaos putih dan celana panjang hitam, maka warna denim jacket yang pas adalah warna navy. Jika kalian ingin pakai jaket denim dan bawahan berbahan denim juga, upayakan warnanya berbeda supaya memberi kesan seimbang pada style akhir.

 

× How can I help you?