Buat kalian yang suka dan hobby memakai jaket, Pasti kalian sudah tahu dengan jenis jaket Harrington. Dan mungkin kalian sudah mencari-cari merek apa yang paling terbaik membuatnya jaket jenis ini. Lumrah saja jika kalian begitu. Karena, jaket Harrington akan membuat kalian terlihat manly, keren, dan sangat bergaya saat dipakai. Menurut kalian, Waktu kapan jaket Harrington mulai dipakai oleh kaum pria untuk menambah style dalam berpakaian?

Menurut info dari Suedehome, Harrington merupakan outer dengan panjang sepinggang yang menggunakan material polyester dan tambahan material wol. Umumnnya, Harrington memakai pattern kotak-kotak yang iconic dengan beragam warna layaknya kemeja flannel di bagian furring jaket. Style pada jaket ini mempunyai sebutan “Harrington” karena berawal dari Rodney Harrington karakter yang dimainkan oleh Ryan O’Neal sekitar tahun 60an dalam acara TV, Peyton Place.

Jaket Harrington Khakis

Kalau diperhatikan sejarahnya yang unik ini, jaket Harrington untuk awalnya di buat oleh brand asal Inggris pada tahun 30 an yang bernama British Grenfell yang berkantor di Burnley dan Stockport, Cheshire. Dan brand lain yang terkenal juga membuat jaket harrington ini adalah Baracuta.

Bisa kita bilang, jaket yang dibikin oleh Baracuta adalah tipe asli jaket Harrington yang menjadi pioneer dalam membuat harrington sampai sekarang. Infonya, belum lama di 2012 kemarin, Perusahaan Baracuta masih membuat jaket ini dengan tipe yang sama yang menjadi karakter jaket ini dari dulu.

Terkenal Dipakai Artis-Artis Legendaris

Aktor-aktor yang membuat terkenal jaket Harrington dari Baracuta bisa kita sebut Elvis Presley, waktu dia berada di film King Creole (1958) memakai Baracuta G9. Dan Steve McQueen juga pakai jaket ini untuk pemotretan cover Life Magazine (1963) dan didalam film The Crown Affair Thomas pada tahun 1968.

Dan jangan lupa Christopher Reeve mengenakan jaket Harrington pada film Superman di tahun 1980, dan masih banyak lagi aktor-aktor terkenal lainnya.

Yang Menjadi Ciri Khas Pada Jaket Harrington

Jaket Harrington warna krem

Jaket ini bisa dibilang sangat enteng saat dipakai dengan panjang yang sampai pinggang. Material yang dipakai sangat beragam sekali. Biasa material yang dipakai cotton, parasut, poliester, dan wol. Karakter jaket ini yang selalu jadi ingatan adalah pattern kotak-kotak pada furring jaket yang sangat vintage dan tak kenal waktu.

Serupa Dengan Para Buruh

Banyak para buruh di Inggris yang memakai jaket Harrington menjadi fashion item mereka waktu sedang bekerja, seperti kendaraan vespa yang menjadi icon buruh juga di Negara Inggris. Saat nongkrong-nongkrong di bar atau nobar perlagaan sepak bola yang biasa dilakukan oleh orang-orang di Inggris.

Harus Menjadi Koleksi Jaket Kalian

Bila kalian lihat desainnya yang sangat minimalis ini dan sangat berkarakter, kalian harus memilikinya untuk menambah koleksi outer. Jika kalian bisa pintar menjaga dan mengurusnya dengan benar sesuai material apa yang dipakai, jaket ini akan awet dan tahan lama bertahun-tahun. Desain yang dimiliki jaket ini juga sangat tidak pasaran dan tidak digerus oleh jaman. Jadi kalian bisa memakai jaket ini sampai waktu kapanpun.

Apalagi bagi kalian para pria yang suka dengan gaya yang manly dengan bentuk badan yang seperti apapun sangat pas memakai harrington. Bila kalian punya hobi main golf, atau motoran sangat cocok dengan jaket ini.

Warna Yang Menjadi Pilihan

Bila kalian sudah membaca di atas jaket ini tidak mengalami perubahan desain yang banyak dari awal dibuat. Kalian bisa mencoba membeli atau memilih warna apa yang cocok buat kalian pribadi. Saran kita bisa mencoba warna yang earthtone, seperti warna navy, olive, khakis, dan abu-abu. Baru deh kalian bisa membeli warna lain.

Dan ciri khas jaket ini dibagian furring ada pattern kotak-kotak sekarang ini ada model yang dibuat bagian luar jaket memakai pattern ini. Sangat keren saat dipakai memberikan tampilan yang kuat. Kalian juga harus mempertimbangkan material apa selain warna tadi. Material yang bisa dipilih misalnya bahan suede yang akan memberikan kesan vintage yang kental.

Waktu Yang Tepat Pakai Jacket Harrington

Bila kalian sudah yakin mau memakai jaket ini, bisa dibilang sangat mudah. Tetapi ada poin penting yang kalian harus ketahui, gunakan jaket ini dengan fit yang pas sesuai bentuk badan kalian dan harus menyisakan ruang agar kalian bisa bergerak dengan leluasa.

Memakai dicocokan dengan celana apa yang sedang kita pakai. Saran kita kalian jangan pakai celana skinny. Kalian bisa memilih celana dengan fit yang slim straight agar makin classic.

Sangat Mudah Mengkombinasikan Dengan Atasan Lain

Kelebihan jika memakai outer satu ini untuk style kalian adalah sangat gampang mengkombinasikan dengan atasan aatau baju yang lain. Karena jaket harrington termasuk dalam pakaian yang casual. Ingin kelihatan santai namun kece kalian bisa memakai jeans dan sepatu sneakers. Dan Bila mau tambah kelihatan stylist? Bisa memakai outer ini dan di padukan dengan kemeja pantai lengan pendek dan celana chinos yang simpel. Tetapi di perhatikan juga warna yang dipilih ya agar tidak kelihatan bertabrakan.

Ini adalah beberapa yang bisa kita infokan tentang jaket harrington. Jadi kalian sekarang sudah tidak kebinggungan bukan apakah harus membeli jaket vintage ini atau tidak?

× How can I help you?