Menurut sejarah mulanya jaket kulit dipakai oleh para pilot, jaket ini dikenal dengan panggilan flight bomber jacket. Pada sekitar perang dunia I leather jacket dibuat dengan memiliki tujuan utama untuk memantabkan suhu tubuh para pilot dan crew yang lain pada waktu terbang. Karena waktu berada di ketinggian ribuan kaki,suhu udara menjurus ke suhu yang ekstrim.

 

Pada tahun 1915, para pilot Royal Flying Corps mulai menggunakan jaket kulit tangan panjang, tetapi sekarang ini, leather jacket berlengan panjang disebut dengan nama Leather Flight Jacket. Sekitar Tahun 1931, The US Corp melahirkan tipe jaket kulit baru yaitu type A2 Bomber Jacket dan type M-455 Flight Jacket.

 

Jaket kulit type A2 Bomber

 

Ketika memasuki Perang Dunia II, pesawat sudah bisa mencapai ketinggian 25.000 kaki, dimana temperatur bisa sampai 0 derajat atau bahkan berada dibawah nol derajat. Oleh makanya diciptakan leather jacket dengan ditambah lembaran wol didalamnya yang dipanggil dengan nama bomber flight jacket dan menjadi jaket paling hangat pada zamannya.

 

Pada sektar tahun 50 an angkatan udara Amerika membuat peraturan baru untuk flight jacket dengan menggunakan material nylon. Maupun jaket kulit sudah tidak dipakai oleh para pilot, bukan berarti jaket kulit sudah tidak dipakai dan tidak disukai, malahan jaket kulit semakin berkembang di dunia fashion dan bagi orang-orang yang suka vintage style tetap memakainya.

 

Pada waktu sekarang ini semakin berkembangnya zaman, leather jacket sudah beralih manfaat, bukan hanya untuk mengcover tubuh dari udara dinggin ataupun panas, tapi lebih digunakan untuk fashion dengan model jaket yang sangat beragam sesuai dengan selera dan kebutuhan si pengguna.

 

Jaket kulit pada sekarang ini, bukan hanya terkenal dipakai oleh para pria saja, akan tetapi wanita pun kini menyukai jaket satu ini, karena leather jacket bisa dipakai dalam aktifitas sehari-hari. Selain enak dipakai dan fashionable, jaket kulit mengcover kita dari panas sinar matahari yang menyengat, juga dari udara yang dingin. Ini menjadi sangat bermanfaat saat kita bekerja didalam ruangan ber AC, saat didalam pesawat, mobil, dan saat naik motor di udara terbuka.

 

Jaket kulit disukai wanita

 

leather jacket bisa dibilang sudah termasuk dalam gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari, baik dalam acara casual, maupun dalam acara khusus, seperti acara konser, interview, dan lainnya. Modelnya pun sangat beragam, ada yang bergaya casual, bahkan sampai bergaya formal, layaknya jas dan blazer.

 

Perbedaan Jaket Kulit Dengan Material Kulit Sapi Dan Kulit Domba

Kulit sapi, umumnya dipanggil dengan leather saja, adalah kulit yang paling biasa dipakai dalam membuat pakaian, furniture dan leather goods lainnya seperti dompet misalnya. Kulit sapi sendiri punya beberapa tingkatan dan kategori, bergantung dari struktur dan kualitas, tetapi biasanya punya karakter sebagai berikut, cukup awet, sangat gampang dalam merawat dan tahan terhadap air.

 

Kulit sapi akan menjaga karakter, mengambil bentuk seiring waktu pemakaian, sehingga lebih nyaman dalam pemakaian sehari-hari. Kulit sapi ini, selain harganya lebih dapat masuk ke kantong, juga fungsional dan keren. Biasanya, kulit sapi ini digunakan untuk para anak motor karena ketahanannya dan fungsionalitasnya.

 

Kulit domba adalah kulit yang bisa kita bilang terbaik bila dibandingkan dengan jenis kulit yang lainnya, sangat lembut, galmor, dan luxurious. punya karakter yang ringan memberikan sentuhan yang eksklusif, sangat pas sebagai material leather jacket, celana, rok serta coat. Tapi jangan sampai kelebihan dan luxurious dari kulit domba ini membuat kalian tidak yakin untuk memilikinya. Dengan minim perawatan, kulit domba sangat wearable, tahan lama, dan memberikan ultimate luxury untuk kalian.

 

Cara Merawat Leather Jacket Yang benar

Jaket kulit adalah salah satu outerwear mewah yang harus dijaga dengan baik dan benar. Jika dalam menyimpannya tidak benar bisa menyebabkan kerusakan permanen pada kulit. Bidang jaket yang kotor harus dibersihkan sebelum membuat bintik-bintik pada kulit dan menjadi susah untuk dibersihkan, berikut ini saya berikan beberapa tips merawat leather jacket kalian yang bernilai.

 

Memberihkan jaket kulit

Jaket kulit harus diberi condisioner seperti mink oil bila kulit sudah terasa kering, bila tidak maka jaket kulit bisa menjadi keras atau retak. Pemolesan dan pengeringan pada buckle logam yang terdapat pada jaket akan mencegah karat. Tempat menyimpan jaket juga sangat penting karena jika sampai kena panas yang berlebihan, kelembaban dan bahkan sinar matahari bisa merusak kulit.

 

Alat yang disiapkan :

  1. Sikat bulu kuda atau horsehair
  2. Pembersih kulit atau mink oil (bisa didapatkan di Ace Hardware)
  3. 3 lembar kain yang lembut

 

Petunjuk Dalam Merawat Jaket kulit :

  • Sikat lembut seluruh bagian pada jaket dengan horsehair karena sikat ini sangat lembut, untuk menghilangkan partikel kotoran yang membandel.
  • Lalu tuangkan sedikit leather cleaner / kondisioner pada kain yang sudah disiapkan, dan gosok dengan gerakan memutar.
  • Siapkan kain lain yang masih kering, lalu gosok secara memutar juga. Lakukan pertama kali pada area yang sudah dibersihkan terlebih dahulu awal, dan selesaikan dengan part yang sama saat kalian sudah selesai memberi kondisioner.
  • Memoles buckle logam pada jaket dengan menggunakan kain yang ketiga untuk mengilapkan logam agar tidak kering dan meminimalisir terjadinya karat.
  • Lalu bisa menggantung jaket sambil diangin anginkan, lalu masukan ke dalam tas pakaian bermaterial kain yang punya pori-pori agar ada sirkulasi udara yang keluar masuk. Bisa dimasukan kedalam lemari, Jaga temperaturnya. Jangan pernah menyimpan jaket kulit pada kantong pakaian material plastik, karena malah membuat leather jacket menjadi lembab dan menyebabkan timbulnya jamur.

 

Tips Sebelum Membeli Jaket Kulit

Ternyata terdapat beberapa tips sebelum membeli jaket kulit. Apa saja tipsnya? Saya langsung berikan beberapa tips nya agar kalian tidak salah dalam membeli. Membeli leather jacket dan bisa mendapatkan dengan harga terjangkau memang gampang-gampang sulit. Untuk mendapat produk jaket yang bagus dan berkualitas tentunya kalian harus paham dalam memilih jaket yang bagus dan mana yang bukan, mana produk yang original dan mana yang produk palsu.

 

Makanya, kalian harus paham betul bagaimana ciri atau karakter dari produk ini khususnya produk yang original agar bisa terhindar dari penipuan. Paham tentang karakteristik leather jacket yang dibuat dari material asli memang tidak ada salahnya sama sekali. Hal ini justru akan membuat kalian terhindar dari penjualan produk tiruan yang kini sedang menjamur di pasaran.

 

Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum membeli jaket kulit yang kita inginkan. Tips pertama adalah untuk membeli produk kulit ini langsung di produsen atau di distributor yang sudah ternama dan terpecaya dari produk yang sudah dibuat.

 

Hal ini juga bisa menjadi solusi untuk kalian yang tidak terlalu mengerti mengenai bagaimana ciri jaket kulit dari kulit hewan asli. Harga produk olahan kulit yang dijual oleh para produsen atau di distributor juga jauh lebih murah jika kita membandingkan dengan membeli di mall bahkan yang dijual online. Hal ini karena tempat tersebut merupakan tangan pertama.

 

Tips kedua adalah untuk selalu memperhatikan mutu yang dimiliki oleh jaket kulit yang akan kalian beli. Jika kalian ragu menentukan bagaimana kualitas dari jaket tersebut, kalian boleh menanyakan langsung pada penjualnya. Tanyakan pula terbuat dari kulit apa produk jaket ini. Jangan sampai kalian membeli jaket yang terbuat dari material kulit domba padahal yang kalian ingin punya adalah jaket yang dibuat dari material kulit sapi hanya karena kalian ragu atau malu untuk menanyakan.

 

Tips yang terakhir yang perlu diperhatikan sebelum berbelanja leather jacket adalah untuk lebih jeli dalam menilai jahitan dari jaket tersebut, bisa jadi mungkin ada jahitan yang kurang rapi. Namun dapat dipastikan produk yang original pasti jahitannya kuat dan rapi karena dikerjakan oleh orang yang ahli.

 

 

Select your currency
USD United States (US) dollar
× How can I help you?