Pakaian wajib yang harus dimiliki pria dewasa adalah kemeja. Kemeja sendiri punya macam tipe, pattern, dan material yang bermacam-macam. Tidak cuma itu saja, Tetapi Jenis kerah kemeja yang bisa pria pakai juga terdapat beberapa model yang kalian bisa pilih. Berikut kita informasikan beberapa jenis kerah agar kalian mengerti tentang kerah pada kemeja agar tidak salah pengaplikasiannya.

Baca Juga : 6 Bagian Penting Pada Kemeja Pria

1. Jenis Kerah Kemeja Button Down

Jenis Kerah Kemeja Button Down

 

Kerah tipe ini menjadi favorit saya karena bentuknya yang keren dan elegan. Yang menjadi ciri jenis kerah kemeja ini adalah punya button atau kancing dibagian bawah leher yang bertugas membuat kerah berada tetap diposisinya. Tidak semua kerah button down punya lobang button atau kancing sehingga terlihat bagian kancing, tapi ada yang memakai hook atau kaitan yang terdapat dibalik kerah jadi kancing tidak kelihatan dari depan saat kita memakainya.

2. Jenis Kerah Kemeja Straight Point

jenis kerah straight point

Jenis kerah kemeja ini memiliki desain dengan sudut yang melancip atau meruncing yang lurus jatuh kebawah. Umumnya kemeja dengan jenis kerah straight point ini digunakan untuk pakaian kantor agar terlihat sleek tapi tetap kasual. Kerah jenis ini sangat pas dikombinasikan dengan pakai sweater apalagi saat cuaca sedang dingin sebab kerah straight point mempunyai lipatan yang tegas dan tajam jika kita mengcompare dengan jenis kerah lain.

Baca Juga : Tips Memadukan Kemeja Lengan Pendek Agar Makin Tampil Keren!

3. Jenis Tap Collar

jenis tap collar

Jenis tab collar bisa dibilang sangat pas waktu memakai dasi, bila kalian tidak memakainya malah akan kelihatan sangat aneh. Karakter kerah tab collar punya ujung yang tajam dan juga penahan tepat ditengah-tengah. Penahan ini berguna untuk melekatkan kerah waktu memakai dasi agar terlihat rapi. Tetapi, kerah ini sudah langka sekali ditemukan mungkin karena kalah dengan jenis kerah yang lain.

4. Jenis Spread Collar

jenis spread collar

Spread collar punya karakter yang terbuka atau lebar dibanding dengan kerah lain. Jenis kerah ini dipakai bagi yang ingin memperlihatkan simpul dasi yang sedang dipakai. Karakter utamanya ini membuat kalian yang suka mengkoleksi dasi jadi tidak bingung, dengan menggunakan kemeja dengan jenis kerah ini bisa memakai dasi dengan mudah. Bila kalian ingin terlihat casual pun, kalian tidak perlu repot tinggal tidak usah memakai dasi pada jenis kerah ini dan tidak m juga bisa tidak menggunakan dasi pada model kerah kemeja ini tanpa mencadangkan pandangan yang rapi.

Baca Juga : Tips dan Trik Pakai Kemeja Putih Untuk Tampil Keren Maksimal

5. Kemeja Band Collar

jenis kemeja band collar

beberapa orang memanggil kerah ini sebagai kerah sanghai karena shape nya serupa dengan baju China. Tipe kerah ini juga serupa dengan baju koko. Kemeja pria dengan tipe band collar atau disebut juga kerah tegak sangat tidak pas bila kita ingin memakai dasi, kerah ini digunakan untuk kegiatan yang casual saja.

6. Jenis Wing Collar

jenis wing collar

Jenis kerah yang punya nama wing collar sangat pas saat kita mau memakai tuxedo yang kita harus memakai dasi kupu-kupu. Collar ini mempunyai lipatan yang kecil pada bagian ujung yang mempunyai shape seperti segitiga sama kaki. Lipatan yang ada dikerah ini bentuknya cukup kecil jadi tidak bersentuhan langsung dengan bagian badan kemeja layaknya jenis kerah lainnya.

Baca Juga : 7 Cara Mempadukan Kemeja Hitam Polos Agar Makin Kece dan Macho!

7. Jenis Kerah Club

jenis kerah club

Jenis club collar atau punya nama lain yaitu kerah bulat sangat terkenal di tahun 1920 an. Jenis kerah ini mirip dengan jenis kerah straight point, tetapi pada bagian ujungnya lebih membulat dan tidak meruncing. Menurut Sejarahnya juga kerah ini dipakai untuk setelan seragam sekolah di Inggris agar terlihat memiliki ciri khas bagi siswanya yang bersekolah disana. Sebagai tujuan utamanya, club collar sangat pas bagi kalian yang kepingin terlihat tidak pasaran dengan menunjukan gaya casual yang unik.

8. Kemeja Kerah Terbuka

Kemeja kerah terbuka

Kemeja cuban collar atau kemeja kerah terbuka ini memiliki karakter pada bagian kerah yang tidak membalut leher. Jadi kerah ini penggunaannya memang untuk acara yang casual. Kemeja dengan tipe kerah ini biasa kemeja pantai yang memakainya. Sangat pas dipakai untuk liburan atau hanya nongkrong dengan teman-teman di Mall agar makin terlihat kece dan juga trendy. Dengan memakai kancing yang paling atas tidak dikancingkan agar kesan casual segera terpancarkan.

Baca Juga : Sejarah Hawaiian Shirt

Bagi yang tertarik dengan kemeja kerah terbuka, button down punya beberapa koleksi yang bisa kalian pilih untuk menambah koleksi kemeja kalian. Bisa kalian lihat disini.

9. Jenis Kemeja Pin Collar

jenis kemeja pin collar

Pin collar punya model mirip dengan tab collar. Model kerah ini memiliki dua lobang di setiap daunnya supaya bisa dipasangkan aksesoris atau ornamen pin kerah. Itu yang membuat penampilan lebih unik dan bold bila kalian menggunakan pin collar. Untuk tambahan ekstra, lo juga bisa memasangkannya dengan jenis dasi pria bermotif daring. Oh iya, memang lebih baik juga tetap menggunakan dasi saat memlih menggunakan kemeja bermodel kerah ini.

Baca Juga : Pasti Makin Ganteng! Cara Padu Padan Kemeja Denim Untuk Para Pria

10. Jenis Varsity Spread Collar

jenis varsity spread collar

Hampir mirip jika diperhatikan dengan spread collar, namun model kerah kemeja yang satu ini sangat pas diaplikasikan untuk kombinasi pakaian casual. Biasanya kerah kemeja dengan gaya country berbentuk varsity spread. Bisa menggunakan dasi atau tidak, kerah kemeja ini siap memberikan style yang lebih maskulin pada gaya pria vintage.

Sekarang sudah tahu kan jenis kerah pada kemeja pria itu beragam dan bisa membuat penampilan lo beda dari orang lain. Kalau model kerah favorit lo yang mana nih jadinya?

 

 

 

 

× How can I help you?