Model rambut pria selalu berkembang dari waktu ke waktu. Tidak heran jika toko yang biasa menjual perawatan rambut mulai beredar produk untuk menata serta mempertahankan style rambut, layaknya pomade. Jenis pomade terbaik selalu digunakan sebagai produk penata rambut. Dan ada juga, produk yang digunakan untuk memberi hasil tatanan rambut penuh style layaknya gel dan wax. Tetapi sekarang ini, menggunakan pomade menjadi lebih sering digunakan sehingga namanya pun kembali terkenal.

Jenis pomade terbaik

Biarpun hasil yang diberikan dari pemakaian pomade, gel, dan wax yang membuat rambut menjadi kaku, tetapi sejatinya ke 3 produk ini berbeda dari banyak perspektif. Yang paling utama pada material dasar dalam membuatnya, Gampangnya yang menjadi contoh gel tidak akan membuat rambut kelihatan mengkilap, tetapi pomade dapat melakukannya. Perbedaan lain bisa kita temui pada pomade oil base yang susah untuk dibersihkan ketimbang gel.

Mengetahui Karakter Pomade

Kalau kalian masih kurang paham dengan jenis pomade, biasanya kalian hanya melihat dan memilih pomade dari nominal harga dan merek saja. Padahal sebenarnya, yang sangat penting penting adalah tahu karakter pomade yang akan kalian beli beli. Kalau karakter pomade yang kalian punya tidak cocok dengan model rambut yang kalian inginkan, jangan salahkan pomade nya apabila hasilnya kurang memuaskan.

Nah, ini adalah 4 karakter pomade yang biasa ada dipasaran yang perlu kita ketahui:

  • Tekstur: tekstur atau komposisi merupakan patokan seberapa padat atau lunaknya pomade tersebut. Semakin lunak atau lembut saat kita colek, semakin enak pomade diaplikasikan di rambut.
  • Hold: merupakan tingkat daya tahan yang akan diberikan pomade kepada rambut kalian. Semakin kuat holdnya, semakin kuat pula dan membuat keras rambut kalian saat di styling.
  • Scent: merupakan wangi yang dihasilkan pomade. Aroma ini sangat penting karena bisa saja tidak cocok dengan wangi parfum yang kalian pakai. Kalian bisa juga mencari panduan memilih parfum dan wangi yang tepat.
  • Shine: merupakan tingkat kilap rambut kalian setelah memakai pomade di rambut kalian. Semakin kuat tingkat shine, semakin kelihatan mengkilap juga rambut kalian. Saat mengkilap, semakin kelihatan juga bahwa rambut kalian sedang pakai pomade. Sebagian pria ada juga yang suka dengan pomade dengan shine yang tinggi.

Oil Based Pomade VS Water Based Pomade

Jenis pomade waterbased

Sekarang ini di pasar lebih banyak jenis pomade dalam bentuk oil based. Biasanya jenis pomade ini punya 3 pilihan kekuatan atau kemampuan menahan style rambut, yaitu light, medium, dan heavy hold. Setiap varian dengan tingkatan kekuatan akan mempengaruhi pada hasil akhir saat diaplikasikan. Layaknya light pomade, jenis ini dibuat khusus untuk dapat menghasilkan penampilan klasik seperti rambut yang klimis dan mengkilap. Karakter dari light pomade lebih lunak dan gampang sekali diratakan dengan tangan.

Jenis pomade yang light juga punya tingkatan kilap atau shine yang sangat tinggi, sangat pas untuk kalian yang suka kesan berkelas namun classic. Sementara untuk tingkat hold dari pomade light sendiri sangat lemah jadi kurang direkomendasikan untuk pemakaian di outdor. Selanjutnya, ada juga jenis pomade dengan medium hold. Tipe ini sangat cocok digunakan oleh kalian para gentlemen yang ingin mengunakan pomade simpel tapi memberikan tingkat hold yang lumayan. Karakter medium hold pomade agak lembut, akan tetapi lebih padat dan solid.

Jadinya, jenis pomade medium hold agak sedikit sulit untuk diratakan, akan tetapi tidak menyulitkan juga. Tingkat kilapnya sendiri, pomade jenis ini enggak begitu mengkilap atau matte. Dan untuk jenis pomade favorit saya sendiri adalah heavy hold pomade, sangat ideal dipakai oleh style rambut pompadour. Texture heavy hold pomade sangat keras jadi agak sulit diaplikasikan pada rambut. Untuk tingkat shine atau level kilapnya terbilang natural alias matte finish ini menjadi kelebihannya untuk saya pribadi. Jenis pomade heavy adalah yang paling strong di kelasnya bila dibandingkan dengan varian light atau medium hold, sangat pas untuk kalian yang ingin style rambut lebih kuat dan lama.

Nahh selanjutnya kita akan bahas jenis pomade waterbased. Buat kalian yang sering ngeliat produk pomade, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Oil-Based Pomade dan Water-Based Pomade. Sesuai dengan panggilannya, Oil-Based maupun Water-Based diambil dari material utama pembuatnya. WaterBased Pomade ini sangat pas kalau kalian kuliah atau kerja kantoran yang berada diruangan ber ac. Jadi tidak perlu ribet membersihkannya sepulang beraktivitas setiap hari.

Nah, Sekarang Saya akan Coba Rangkum Jenis Pomade Mana yang Pas untuk Kalian, Waterbased atau Oilbased:

Secara awam, Waterbased punya daya hold yang lebih rendah daripada yang oilbased. Jadi kalau kalian kepingin dengan model rambut pria mohawk atau sejenisnya, sangat disarankan dengan memilih yang oilbased.

Ingin mengubah style rambut atau suka menyisir ulang rambut lo? Jika kalian pakai yang waterbased, maka kalian akan lebih ribet karena rambut menjadi kering layaknya menggunakan gel rambut dan perlu diberikan air sedikit. Akibatnya kalian harus memakai ulang pomade. Oilbased Pomade lebih fleksibel di sini dan menjadi kelebihannya juga.

Saat ingin keramas, kalian akan kesulitan membersihkan rambut yang menggunakan jenis pomade oilbased, karena memang didesain tahan terhadap air. Kalian perlu keramas lama atau menggunakan shampo khusus pembersih pomade oilbased ini. Rambut yang menggunakan waterbased mudah dibersihkan dengan sekali bilas menggunakan shampo.

Bila dibandingkan dengan harga, jenis Pomade waterbased cenderung lebih mahal dibandingkan oilbased. Ini terpengaruh dari harga material pembuatannya sih.

Jika kalian sering beraktivitas di luar ruangan (bisa terkena hujan, dan harus menata ulang) atau datang ke acara yang insidentil, maka saya pridadi lebih menyarankan kalian menggunakan pomade oilbased.

Jenis waterbased pomade ini cocok kalau kalian masih kuliah atau kerja kantoran di dalam ruangan ber ac. Jadi tidak perlu ribet membersihkannya sepulang beraktivitas sehari-hari.

Jenis Pomade yang Pas Sesuai Jenis atau Model Rambut

Sekarang kita akan bahas yang terpenting. Selain berdasarkan aktivitas, kalian juga perlu memperhatikan jenis rambut kalian, untuk mengetahui jenis pomade seperti apa yang pas untuk kalian pakai. Resiko menggunakan pomade yang tidak tepat adalah rambut jadi gampang rusak dan karakter jenis pomade yang cenderung tidak terlihat jelas pada rambut.

Yuk Saatnya Sekarang Cek Jenis Rambut Kalian dan Cocokan Mana Jenis Pomade yang Pas Untuk Kalian:

1. Jenis Rambut Keriting

jenis pomade untuk rambut keriting

Punya jenis rambut keriting umum dijumpai pada pria Indonesia. Nah, bagi kalian yang punya rambut keriting, bisa senang nih karena secara umum sudah punya volume rambut yang cukup banyak. Hal ini membuat kalian tidak terlalu membutuhkan pomade yang hold tinggi. Waterbased Pomade dan Light Pomade bisa menjadi pilihan jenis pomade andalan untuk hampir semua style rambut kalian.

2. Jenis Rambut Bergelombang

jenis pomade rambut bergelombang

Layaknya pemilik rambut keriting, rambut bergelombang juga punya kelebihan berupa volume yang banyak. Pemilik jenis rambut bergelombang juga gampang membuat rambut mereka mengikuti model rambut pria yang lurus. Saat kalian tidak kepingin terlalu mengubah style rambut kalian, maka jenis pomade Light atau waterbased lebih disarankan untuk digunakan. Shine yang dihasilkan akan membuat gelombang rambut kalian kelihatan makin keren. Apabila kalian ingin membuat rambut dengan style yang kelihatan lurus, jenis pomade Heavy lebih cocok digunakan untuk mempertahankan volume rambut kalian.

3. Jenis Rambut Lurus

Rambut lurus

Jenis rambut lurus punya banyak kelebihan karena style rambut yang bisa dibuatnya sangat beragam. Jika rambut kalian pendek dan ingin menggunakan model rambut pria spiky atau quiff, maka kalian butuh yang memberikan medium hold. Kalau kalian tidak kepingin style rambut yang runcing atau berdiri layaknya slick back, maka pakai pomade yang punya hold rendah. Jenis pomade waterbased dan light atau medium pomade lebih disarankan untuk rambut pendek agar gampang dicuci. Sebaliknya, jenis rambut lurus yang panjang lebih disarankan menggunakan pomade oilbased atau Heavy Pomade agar dapat menjaga style rambut dengan baik.

4. Jenis Rambut Tebal

rambut yang tebal

Apapun jenis rambut kalian, rambut yang tebal tidak terlalu disarankan menggunakan jenis pomade yang holdnya rendah. Hal ini disebabkan ketebalan rambut kalian perlu disupport oleh pomade dengan karakter kuat. Pomade medium hold merupakan tingkat pomade yang paling rendah disarankan untuk jenis rambut tebal. Oilbased Pomade juga sangat pas bagi kalian yang punya rambut tebal, karena memang secara umum lebih strong bila dibandingkan yang pomade waterbased

Nah sudah kita bahas seputar pomade dan memilih jenis yang sesuai dengan tipe rambut kalian. Produk hair styling apapun sebenarnya akan memberikan hasil yang kece maksimal kalau kalian bisa terapkan untuk style dan jenis rambut yang pas.

× How can I help you?