Pakaian kerja casual pria identik dengan busana untuk aktivitas yang santai, nyaman, dan enggak ribet. Eits, bukan berarti kalau kasual lo akan jauh dari tampilan rapi loh! style casual itu mengenakan pakaian bebas tetapi rapi. Gaya kasual pun enggak membuat lo kalah ganteng dari pria lain yang menggunakan jas dan formal.

Baca Juga : Tampil Kece Maksimal Dengan Memakai Kemeja Lengan Pendek, Cocok Untuk Yang Suka Gaya Smart Casual

Gaya kasual untuk ke kekantor biasa disebut dengan smart casual. Pakaian smart casual pria adalah penampilan memakai pakaian yang lebih formal dibanding casual, gampangnya berada ditengah-tengah antara formal dan casual. Cara menerapkan looks ini pun terbilang sangat gampang. Sebelumnya, lo tinggal simak contoh pakaian semi formal pria ini yang dapat jadi inspirasi penampilan sehari-hari lo saat di kantor.

1. Ubah pola pikir Untuk Pakaian Smart Casual

pakaian smart casual

Definisi gaya ini melebihi soal jenis pakaian apa yang lo akan kenakan. Justru poin yang sangat penting adalah bagaimana lo merepresentasikan penampilan pakaian tersebut. Artinya lo dapat dinilai menerapkan gaya ini saat terlihat sleek memakai sepatu yang sudah disemir, celana kelihatan rapi yang sudah disetrika, dan sebagainya. Jadi smart casual bukan dengan hanya memakai pakaian yang rapi yang memberi anggapan yang santai saja, ya!

2. Mengenakan Satu Sampai Dua Pakaian Casual Pria

pakaian casual pria

Meluruskan pengertian style smart casual sering salah arti, coba lo ikuti tips berikut. Punya bomber jacket, kaos polos, celana jeans, dan sepatu sneakers. Semuanya sangat pas untuk gaya kasual, bukan? Sekarang lo coba ganti satu sampai dua fashion item tersebut dengan blazer, kemeja pria, celana chino, dan sepatu oxford. Tentu akan memberikan kesan yang berbeda dari gaya casual sebelumnya. Lo akan dengan mudah menemukan pakaian kerja casual pria dengan memakai tips tersebut.

3. Sesuaikan Warna Pakaian Kerja Casual Lo

sesuaikan warna pakaian kerja casual

Prinsip paling dasar soal pakaian formal dan casual dapat dilihat dari warna yang dipilih. Umumnya warna dengan karakter gelap identik dengan pakaian formal, begitupun sebaliknya. Jadi lo bisa bermain dengan tone warna untuk mendapatkan penampilan rapi tetapi terlihat santai. Contohnya ada menggunakan bomber jacket warna beige, kaos putih polos, selvedge denim, dan sneakers putih. Lo bisa mengganti warna jaket atau menggunakan celana chino warna navy yang secara instan akan membuat penampakan lebih dressier.

Baca Juga : Model Jaket Pria 2020 dapat Membuat Kamu Semakin Up-to-Date

4. Ganti Material Pakaian Yang Lebih Kelihatan Casual

material pakaian casual pria

Enggak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, lo juga bisa mengatur tingkat formal atau casual pakaian yang lo pakai pada bahan atau material yang dipakai. Pakaian formal cenderung memiliki bahan yang lebih halus dan mengkilap. Coba gunakan blazer atau kemeja flannel lo dengan bahan wol. Lo akan mendapatkan kesan kasual yang kental dan akan terlihat lebih bervolume. Tips ini juga bisa diterapkan pada jenis pakaian lain, mulai dari kemeja, celana, sampai sepatu.

Baca Juga : Jangan Sembarangan! Begini Cara Merawat Kemeja Flannel Kesayangan Yang Tepat!

5. Memakai Blazer Pria Untuk Tampilan Casual Saat Kerja

blazer pria tampilan casual kerja

Blazer dapat dibilang menjadi fashion item yang wajib dimiliki pria untuk dengan mudah mendapatkan gaya berpakaian yang simple. Beberapa pakaian yang dinilai terlalu casual seperti kaos atau kemeja lengan pendek, celana non trousers, serta sepatu sneakers dapat diselamatkan dengan cukup memakai blazer. Jadi coba bawa blazer supaya dapat jaga-jaga kalau ingin merasa aman saat menggunakan pakaian kasual saat ke kantor, ya.

6. Lepas Dasi Lo Untuk Gaya Pakaian Pria yang Cool

 gaya pakaian pria cool

Harus dicatat agar lo tidak lupa adalah gaya smart casual enggak pernah memakai dasi dalam penampilannya. Itu berlaku saat lo sedang memakai kemeja, band collar shirt, polo shirt, turtle neck, dan sebagainya. Dasi akan memberikan kesan yang terlalu formal pada penampilan lo dan menghilangkan nilai casual yang dicari. Justru sebaiknya satu sampai dua kancing teratas dibuka untuk memberikan impresi lebih santai pada pakaian lo.

Baca Juga : 10 Jenis Kerah Kemeja Yang Bisa Kalian Gunakan Agar Tampil Kece dan Stylist

7. Bermain dengan sepatu yang Cocok Untuk Pakaian Kerja Casual

sepatu yang cocok pakaian kerja casual

Ada gak ya cara untuk membuat sepatu formal menjadi lebih casual? Jawabannya jelas ada. Bila lo memakai sepatu formal permainan warna masih memiliki peran penting. Seperti hitam adalah yang paling terlihat formal, cokelat akan memberi kesan kasual, dan tan jauh lebih kasual. Selain itu enggak kalah penting adalah siluet sepatu. Misalnya model toe sepatu yang berbentuk bundar atau almond dinilai lebih casual daripada bentuk pointy.

8. Memakai Polo Shirt Untuk Gaya Casual Saat Kerja

polo shirt untuk gaya casual

Aksen kerah pada sebuah baju memang memberikan efek yang lebih terlihat formal dibanding dengan atasan yang enggak memiliki kerah. Coba lo perhatikan deh semua tampilan yang berbau smart casual, setidaknya selalu punya kerah. Seperti saat lo memakai kaos polos, pasti lo perlu menggunakan blazer kan? Blazer jelas memberikan kesan yang smart karena kehadiran kerahnya.

Coba jika lo cuma memakai kaos saja, tampilan lo pasti seperti ada yang kurang dan enggak kelihatan “smart”. Jika lo enggak ingin menggunakan atasan yang menumpuk, lo bisa memanfaatkan polo shirt. Hanya dengan fashion item tersebut, lo bisa tampil sedikit lebih formal dibanding hanya menggunakan kaos biasa.

Untuk bawahannya, lo bisa pilih memakai celana chino dan belt kulit sebagai aksesoris berbau formal. Masukkan kaos polo lo ke dalam celana, pasti tampilan lo akan kelihatan dewasa dan maskulin.

9. Sweater dan Cardigan Sebagai Alternatif Blazer Untuk Casual Style

sweater dan cardigan sebagai alternatif blazer

Merasa masih kelihatan terlalu rapi dengan memakai blazer? Ada jenis outerwear lain seperti sweater atau cardigan yang bisa jadi pilihan luaran smart casual. Cardigan atau sweater memang lebih sering terlewat karena tersingkir oleh blazer sebagai pengganti setelan jas. Padahal, lo juga bisa mempraktikan layering dengan sweater atau cardigan. Lalu menggunakannya bersamaan dengan kemeja atau polo shirt.

Baca Juga : Jenis Dasi Yang Dapat Menjadi Pilihan Bagi Pria Yang Ingin Tampil Modis

Untuk sweater, keluarkan bagian kerah baju lo, dan bisa tambahkan dasi kupu-kupu. Tampilan ini cocok banget untuk dipakai ke pesta kebun. Sedangkan cardigan, lo dapat memakainya dengan kemeja polos atau motif simpel. Pilih cardigan dengan tipe shawl collar supaya looks lo lebih terlihat eksklusif.

10. Gunakan Tas Kulit agar Tampilan Kerja Lebih Profesional

tas kulit untuk gaya profesional

Tas kulit memang menjadi salah satu fashion item yang sangat menarik untuk dimiliki baik untuk wanita maupun pria. Efek menggunakan tas kulit akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan memakai tas berbahan kanvas atau bahan lainnya.

Baca Juga : 8 Style Pakaian Kantor Pria Kekinian Ala Eksekutif Muda Profesional !

Selain kelihatan mewah, lo akan kelihatan lebih rapi dan tas kulit ini sangat pas dengan tampilan casual saat kerja. Ketika dipakai ke kantor, perjalanan bisnis, atau cuma meeting dengan klien di cafe, tas punya peran yang sangat penting untuk membawa peralatan yang lo butuhkan.

Cara Mengenakan Pakaian Kerja Casual Pria

Seperti yang sudah kita bahas di atas pakaian kerja kasual pria adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan jenis aturan pakaian kerja atau gaya pakaian yang sedikit lebih casual daripada pakaian kerja tradisional. Banyak pengusaha yang menerapkan aturan berpakaian ini untuk berusaha membuat para pekerjannya merasa lebih nyaman dengan pekerjaannya dan memiliki lebih banyak kebebasan berekspresi melalui pemilihan pakaian. Biarpun busana kerja casual bersifat casual, namun juga bukan berarti lo bisa memakai apa saja saat dikantor.

Mengetahui Kebijakan Perusahaan Dalam Berpakaian

Tanyakan mungkin ada kriteria yang spesifik sebelom lo terapkan gaya berpakaian casual di kantor. Jika lo enggak yakin tentang kebijakan perusahaan dimana lo sedang bekerja sekarang, tanyakan pada HRD perusahaan. Berpakaianlah lebih konservatif pada hari pertama jika lo belum punya rekan kerja yang bisa dijadikan acuan berbusana.

Amati karyawan lainnya Dalam Berpakaian

Coba untuk memperhatikan sekeliling dan perhatikan juga yang dipakai karyawan lain. Ini adalah indikator yang tepat berkaitan dengan kriteria perusahaan tentang pakaian kerja kasual pria.

Berpakaian Formal Saat Menjalani Wawancara Kerja

Jika lo akan menjalani wawancara kerja dan enggak tahu apa yang diinginkan pewawancara tentang apa yang harus lo kenakan, maka standarnya adalah pakaian kerja formal. Ingat, lebih baik berpakaian lebih formal daripada santai untuk impresi awal.

Kalian yang sekarang sedang wawancara untuk pekerjaan baru di bidang bisnis, bank dan bagian keuangan, politik, akademik, atau kesehatan sebaiknya menggunakan pakai kerja formal, kecuali aturannya berbeda.

Jika enggak ada jenis pakaian yang ditentukan dan perusahaan yang mewawancarai lo berada di luar sektor-sektor yang disebutkan di atas, bisa tetap pakai pakaian kerja kasual pria.

× How can I help you?