Kalian pasti sudah kenal kemeja pria sebagai salah satu jenis atasan. Pasti kalian juga sudah paham bahwa jenis pakaian ini bisa digunakan atau fashion item yang disukai oleh pria atau wanita, tetapi memang kemeja lebih identik sebagai pakaian pria.

Kemeja ini bisa dibilang sebagai atasan yang menutupi bagian lengan, dada, bahu, punya kerah dan mengcover badan sampai bagian perut. Kemeja umumnya dibuat menurut selera orang yang memakainya, kemeja bisa dibuat dengan tipe berlengan panjang atau lengan pendek. Nama lainnya adalah blouse. Ada juga orang menyebutnya dengan panggilan hem. Kemeja juga selalu menjadi pilihan untuk seragam.

Jenis Kemeja Pria yang Dapat di Pilih Untuk Kegiatan Casual Maupun Formal

Kemeja yang sekarang biasa ada dipasaran ada beberapa jenis. Biasa kita memilih disesuaikan dengan acara yang akan kita hadiri atau diperlukan. Bisa dipilih dari material yang digunakan, cuttingan atau fit, sampai kainnya, Kemeja in punya beberapa jenis dan ragam semuanya bisa menunjang style kalian dan harus nyaman dipakai pastinya.

  • Kemeja formal pria adalah kemeja yang sering digunakan untuk acara formal maupun resmi. pemilihan Material sebelum membelinya penting untuk dipilih. Bahan paling bagus untuk kemeja formal adalah yang tidak mudah kusut jadi tampilan kalian tetap terlihat rapi.
  • Kemeja casual pria adalah kemeja yang dari bahan dan motif punya banyak pilihan. Jenis kemeja ini memiliki ciri khas tersendiri. seringkali para pria memakainya dengan tidak mengancingkan sampai atas dan jangan pernah memakai kemeja casual dengan menggunakan dasi.

Jadi, memilih kemeja harus tetap pilih yang nyaman dipakai dalam suasana apapun. Selain masalah material yang dipakai, ketika ingin membeli Kemeja perhatikan pula fit nya. Ada bagian penting kemeja yang menjadi karakter pakaian ini.

 

1. Kemeja Putih Pria Lengan Pendek atau Panjang

Salah satu jenis kemeja yang tidak pernah ketinggalan jaman adalah kemeja putih pria. Kemeja putih pria bisa dibilang merupakan atasan dengan kerah ataupun tanpa kerah punya kancing di depan. Kemeja ini bisa memberi kesan yang sederhana karena model dan warna yang minimalist. Kita bisa pakai kemeja putih pria ini dalam acara apapun, layaknya wawancara kerja, kerja dikantor dan bahkan acara smart casual. Alasan kenapa kita harus punya kemeja putih ini adalah:

Kemeja polos warna putih

Kemeja putih pria warnanya akan sulit pudar. Sangat pas dipakai dengan bawahan apa saja, mulai dari chinos maupun jeans. Sangat bisa dikenakan dengan outer apa saja seperti cardigan, blazer maupun rompi. Tidak lekang oleh waktu karena kemeja putih pria akan tetap cocok dengan trend dari tahun ke tahun. Kemeja putih bisa dipakai oleh siapa saja. Makanya, banyak sekali pilihan kemeja putih pria.

2. Kemeja Batik Pria Mewah dan Eksklusif

Kemeja batik pria mewah dan ekslusif

Kemeja batik pria bisa dibilang adalah warisan turun menurun sejak dulu. Kemeja ini di buat dari bahan batik. Batik adalah kerajinan yang punya nilai seni sangat tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia apa lagi daerah jawa dari sejak lama. Para wanita Jawa pada zaman dahulu menjadikan skill mereka dalam membatik sebagai pekerjaan untuk mencari uang, sehingga waktu dahulu pekerjaan membatik adalah pekerjaan yang bisa dibilang eksklusif wanita sampai ditemukannya teknik Batik Cap yang akhirnya para pria pun bisa membuat batik. Ada batik yang memang dibuat oleh para pria, yaitu batik pesisir yang punya garis maskulin layaknya yang bisa dilihat pada motif mega mendung, yang dibeberapa wilayah pesisir pekerjaan membatik adalah umum dikerjakan oleh para pria.

3. Kemeja Pria Lengan Pendek Untuk Acara Casual

Kemeja lengan pendek dari dahulu selalu di sukai para pria, maraknya yang suka dengan gaya kasual, baik itu misalnya kemeja pantai atau bowling shirt, sampai kemeja yang memakai material sutra yang sangat eksklusif tetapi tetap nyaman digunakan di iklim tropis seperti Indonesia. Bukan karena ingin tampil keren saja, tetapi juga sangat mudah dan simple saat memakainya.

kemeja pria lengan pendek

Waktu cuaca lagi panas-panasnya, kemeja pria ini membuat kalian lebih terasa nyaman dalam beraktivitas sehari-hari. Dan yang tidak kalah penting, menggunakan kemeja lengan pendek akan terhindar dari keringat berlebih. Enggak itu saja, kalian juga harus tepat dalam mempadukan dengan fashion item lain agar tidak aneh dan tidak memberikan kesan yang norak saat memakai kemeja lengan pendek ini.

4. Kemeja Polos Untuk Style Minimalist

Memberikan kesan elegan dan stylish saat bekerja di kantor menjadi kebutuhan penting bagi semua kalangan. Apalagi para pria, banyak cara yang bisa diterapkan untuk tampil kece dan kekinian. Salah satunya dengan memakai kemeja polos pria yang memiliki style elegan.

kemeja hitam polos terurai

Datang ke kantor pagi hari dengan semangat bisa diawali dengan style pakaian yang profesional. Padukan kemeja polos pria juga bisa menjadi pilihan style untuk mengawali hari lebih berenergi. Tidak cuma masalah dalam memilih warna saja, texture serta model kerah kemeja juga harus dipikirkan sebelum kalian membeli kemeja polos ini.

5. Kemeja Hitam Polos Lengan Pendek atau Panjang

Kemeja hitam polos seperti kemeja putih yang sudah saya bahas di atas bisa menjadi pilihan juga untuk menambah koleksi kemeja kalian Menggunakan atasan yang pas di badan adalah kunci paling penting untuk tampil maksimal. Semahal apapun material atau kualitas kemeja hitam lo, tidak akan memberi kesan keren jika tidak fit sesuai bentuk tubuh yang kalian. Dan juga, kemeja dengan ukuran yang pas membuat seakan kalian kelihatan lebih berisi, jadi sangat cocok nihh untuk yang punya tubuh kurus.

kemeja hitam polos Lengan Panjang

Kalian sangat bisa padukan kemeja hitam dengan celana jeans, maka kalian akan makin kelihatan stylist. Supaya style kalian tetap casual, jangan masukkan kemeja ke celana. Sebagai item pendukung, kalian bisa pakai sepatu boots atau sneakers dan aksesoris tambahan layaknya jam tangan.

6. Model Kemeja Pria Gaul yang Trend di Tahun 2020

Bagi kebanyakan pria, kemeja adalah salah satu fashion item yang harus dimiliki. Kemeja yang keren harus disesuaikan juga dengan kegiatan kita, ada yang diperuntukan untuk acara formal dan ada acara kasual. Untuk kegiatan formal seperti untuk datang kekantor atau datang ke acara pernikahan, biasanya kemeja pria lengan panjang menjadi opsi pilihan.

Model kemeja pria gaul terbaru

Sedangkan untuk acara kasual seperti untuk hangout bersama teman, liburan, atau sekedar keliling mall bersama gebetan, jenis kemeja yang bisa dipilih yang berlengan pendek. Perbedaan yang paling menjadi penentu antara kemeja kemeja formal dan casual adalah motif, dan jenis lengan nya. Tetapi tidak semua lengan panjang itu kemeja formal ya.

7. Kemeja Pria Lengan Panjang Terbaru Pada Tahun 2020

Memakai kemeja lengan panjang memang pilihan yang gampang-gampang susah. Bisa dibilang kemeja adalah item fashion yang sering menjadi andalan dalam berpakaian di hampir semua situasi. Kemeja panjang umumnya digunakan untuk bekerja. Akan tetapi, seiring waktu fashion item pria ini juga dipakai untuk acara casual. Style yang diberikan pun kini makin modern dan stylist.

kemeja lengan panjang motif

Apalagi dengan tambahan aksen yang beragam. Di masyarakat kemeja yang paling populer adalah kemeja polos, alias kemeja tersebut tidak memiliki desain gambar. Warnanya pun cuma ada satu macam. Misalnya dalam satu item kemeja hanya terdapat 1 warna: merah, putih, atau hitam saja. Hal tersebut lumrah mengingat kemeja polos dipakai untuk acara yang sifatnya formal atau resmi. Seiring berjalannya waktu fashion ini berkembang dengan sendirinya. Mulai dari penggunaan warna yang tidak hanya satu variasi saja. Kini kita biasa menemukan model kemeja lengan panjang dengan variasi warna beragam.

8. Kemeja Flannel Pria Dengan Motif Kotak-Kotak

Gaya yang tidak akan dimakan oleh jaman karena selalu memiliki fans yang loyal. Kemeja flannel pria Sangat cocok dipakai berbarengan dengan Denim jacket sebagai outer dan sepatu boots kulit. Atau bisa juga kemeja flannel pria ini dipakai sebagai luaran, dipadukan dengan kaos putih polos di bagian dalam supaya makin kelihatan kasual. Kemeja flannel pria sangat khas dengan para pekerja di lapangan yang biasa bekerja tidak didalam ruangan. Digunakan oleh para pria yang berada barisan depan yang bersentuhan langsung dengan pekerjaan yang ada dilapangan terkesan sangat macho.

flannel kotak kotak

Hal ini tidak dapat dipungkiri dari sejarah ditemukannya kemeja berbahan flanel ini. Kemeja ini bisa dibilang punya sejarah yang sangat panjang dan unik. Kata flannel sendiri berasal dari negara Wales, yaitu gwlanen, yang artinya bahan wol.

9. Kemeja Buatan Distro Indonesia yang Tidak Kalah Produk Luar Negeri

Distro merupakan kependekan dari distribution store atau distribution outlet adalah sejenis jenis toko di Indonesia yang menjual pakaian dan aksesori yang dititipkan oleh pembuat pakaian, atau diproduksi sendiri misalnya berupa produk kemeja pria distro. Distro biasanya merupakan industri kecil dan menengah (UMKM) yang dengan merek independen yang dibuat oleh anak-anak muda. produk yang dibuat pun memang tidak dibuat secara banyak, agar mempertahankan karakter eksklusif suatu produk.

distro men shirt

Kata distro sendiri memang sekarang sudah tidak populer sekarang ini. Anak muda sekarang lebih memanggilnya lokalbrand. Button down sendiri adalah local brand asal Indonesia yang khusus membuat produk fashion untuk pria. Button down untuk sekarang ini memang baru online store saja.

10. Kemeja Pantai Pria Cocok Untuk Liburan ke Pantai

Saatnya kita melupakan sejenak pekerjaan dan beban dari kegiatan sehari-hari. Untuk yang sudah punya rencana liburan ke pulau yang terdapat pantai di akhir Pekan, Kalian sangat wajib membawa perlengkapan seperti baju untuk di pantai: pakaian renang, topi, bahkan kemeja pantai pria dan jangan lupa kacamata hitam biar kalian tampil lebih kece.

hawaiian shirt

Walaupun disebut kemeja pantai, kemeja ini sangat bisa dipakai untuk sekedar jalan-jalan dimall atau nongkrong di coffee shop. Biasanya didesain dengan motif dan corak tema pantai, dilengkapi dengan warna-warna yang cerah dan beragam, contohnya warna merah, kuning, dan navy.

11. Kemeja Chambray Pria Yang Memberikan Kesan Manly

kemeja chambray pria

Kemeja Chambray apabila kita lihat secara sekilas, bahannya mirip dengan bahan denim, tetapi lumayan cukup ringan seperti kain oxford atau katun yang biasa digunakan untuk kemeja pria, Paling mudah kalau kita menggambarkan mengenai kemeja ini.

Memang kemeja Jenis ini masih agak kurang diketahui oleh banyak pria di Indonesia. Namun bisa jadi kalian sering melihat pria lain sudah ada yg mengenakannya, atau mungkin ternyata sudah ada dilemari pakaian kalian dan salah mengira kalau bahannya adalah chambray bukan denim.
Kata chambray berasal dari kota yang berada di negara Prancis, Cambria. Dikota ini, sejarah mencatat telah muncul bahan chambray di kota tersebut. Nama orang yang menemukan ahan tersebut adalah Jean Babtiste Cambray.

12. Kemeja Button Down Pilihan Bagi Yang Suka Gaya Smart Casual

Kemeja button down

Kemeja ini ternyata sudah ada dari dahulu. Menurut sejarahnya kemeja button down sudah dipakai dari tahun 1800 an. Waktu dahulu, kemeja ini dipakai oleh para pemain Polo. John E. Brooks orang yang pertama menggunakan kemeja button down untuk menjadi fashion item yang keren. Setelah menonton pertandingan polo di Inggris, dia kembali ke perusahaannya yang berada di Amerika dan dan langsung membuat secara banyak. Awalnya pakaian ini hanya disukai kalangan para atlet saja. Para atlet ternyata sangat tertarik karena alasan layaknya pemain polo; kerahnya tetap berada ditempat saat mereka sedang bergerak. Namun, tidak begitu lama lama button down shirt akhirnya masuk ke dunia fashion, dan sekarang menjadi fashion item yang cukup terkenal.

Kemeja ini terdapat Kancing pada bagian kerah, agar kerah tetap rapi dan berada diposisi. Agar makin terlihat stylist, Tidak cuma dibagian tengah saja, untuk bagian bawah tepatnya disisi kerah juga terdapat kancing dengan ukuran yang kecil. Kemeja button down bisa dibilang sangat cocok untuk kalian yang ingin sekali kelihatan keren, simpel, tetapi tetap terlihat formal bahkan bisa juga bergaya smart casual.

13. Kemeja Denim Pria Dapat Menjadi Pilihan Untuk Bergaya Retro yang Macho

denim shirt lengan pendek

Pasti ada waktu di mana kemeja denim identik dengan baju orang tua yang boring. Tapi sekarang ini pada tahun 2020 sudah tidak lagi. Baju dengan bahan denim justru menjadi trend yang berkharisma buat style berpakaian kaum milenial yang modern tetapi tetap memberi kesan vintage style. Banyak yang salah sebut kemeja pria ini dengan sebutan kemeja jeans. ingin sekedar memberikan info, jeans adalah celana dengan bahan denim. Dan kata denim berarti nama bahan atau material.

Fit pada kemeja denim pun lumayan beragam, mulai dari style 80-an yang retro dengan kantong di bagian depan, kemeja denim lengan pendek, dan model camp collar hingga potongan slim-fit yang lebih stylist. Detail pada kemeja denim ada yang memakai kancing seperti kemeja pria pada umumnya atau memakai resleting, jahitan yang tidak kelihatan atau kelihatan, punya tambahan desain yang disablon di bagian belakang atau polos. Denim akan selalu menjadi fashion yang vintage dan tidak pernah tergerus waktu.

Kalian bisa menggunakannya ke kampus, ke mall, atau ke kantor. Kemeja denim sangat gampang menampilkan gaya casual yang keren dan macho. Dari segi kenyamanan, tidak perlu dipertanyakan. Pakaian jenis apa pun bisa dengan mudah dipadukan dengan kemeja denim ini. Tetapi kalian harus kreatif dalam mempadukannya.

14. Kemeja motif Pria Cocok Bagi Kalian yang Bosan Dengan Kemeja Polos

kemeja motif pria

Kemeja Motif Pria adalah fashion item yang sekarang sedang disukai pada tahun 2020. Gaya berpakaian tidak akab berhenti dalam berevolusi. Kemeja pria adalah salah satu item fashion yang sangat disukai oleh pria dewasa. Karena kemeja terlihat lebih rapih jika kita bandingkan dengan mengenakan kaos saja. Kemeja juga terus mengalami perubahan dan banyak sekali motif atau pattern yang bisa kita gunakan. Pria juga harus pintar dalam padu padan berpakaian supaya tetap tampil kece dalam keseharian. Contoh kemeja motif yang digemari sekarang ini adalah kemeja motif floral atau bunga, dan kemeja motif daun.

Para Pria, Yang setiap hari pakai kemeja polos untuk keseharian kerja kantor atau memakai kemeja flannel pada hari jumat yang diperbolehkan menggunakan pakaian bebas dikantor akan merasa boring dengan style yang terasa monotone. Kalian bisa memilih kemeja motif agar mempunyai tampilan yang unik dan fresh. Kalian tidak harus pakai kemeja motif yang terlalu ramai atau warna dengan corak yang terlalu ngejreng, tapi kalian bisa memilih kemeja dengan desain minimalist dan membuat kalian menjadi lebih percaya diri.

 

× How can I help you?