Sebenarnya apa sih alasan paling gedenya lo kepingin bergaya dengan style smart casual pria? Karena akan menghadiri kegiatan formal, kepingin kelihatan seperti pria dewasa yang kece, atau cuma mau ikutan trend saja? Well, alasan apapun yang lo buat, smart casual outfit ini faktanya sangat di gandrungi oleh para kaum adam yang senang bergaya maskulin serta dewasa yang ingin menaikan ketampanannya! Nah kali aja, dengan menerapkan style smart casual pria ini lo dapat menjadi daya tarik khususnya para wanita.

Baca Juga : 10 Style Kemeja Terbaik Untuk Para Pria Agar Makin Dilirik Wanita !

Daripada ngomong terlalu panjang, yuk saatnya kita bahas lebih dalam tips dan fashion item apa saja yang harus lo miliki untuk menerapkan smart casual pria.

1. Ubah Mindset Dalam Menerapkan Smart Casual Outfit

mindset smart casual outfit

Sebenernya dalam masalah fashion enggak melulu tentang fashion item apa yang lo pakai. Malah yang harus di garis bawahi adalah bagaimana lo bisa menunjukan looks berpakaian dengan baik.

Yang berarti lo juga harus memperhatikan detail-detail kecil juga, misalnya sepatu yang terlihat bersih, celana dengan fit dan kelihatan rapi, dan yang lainnya. Jadi smart casual pria enggak cuma dengan memakai baju rapi tapi kelihatan santai saja.

2. Rumus Smart Casual Outfit

rumus smart casual outfit

Kalau dilihat-lihat masih banyak para pria yang salah mengartikan smart casual, coba dehh lo perhatikan perhitungan berikut ini. Misalnya sudah punya jaket model harrington, kaos polos warna netral, celana jeans, dan sepatu sneakers.

Semuanya sangat terlipat pas buat casual style, bukan? Sekarang lo bisa coba ganti 1 atau 2 jenis fashion item tersebut dengan blazer pria, kemeja, celana chino, dan sepatu oxford. Tentu akan memberikan tampilan yang kelihatan beda dari casual style yang sebelumnya. Lo akan dengan gampang mendapatkan gaya smart casual pria memakai perhitungan tersebut.

3. Pakaian Kerja Casual Pria Cocokan Warnanya

pakaian kerja casual pria

Hal yang sangat mendasar soal style formal & casual bisa lo lihat dari warna yang dipilih. Umumnya rona dengan nuansa dark identik dengan style formal, dan juga sebaliknya. Jadi lo dapat bermain dengan tone warna buat menghasilkan looks smart casual pria.

Contoh gampangnya misal lo punya outer dengan rona muda, kaos putih polos, jeans dengan rona muda, dan full white sneakers. lo dapat mengganti jaket atau celana dengan warna dark blue yang otomatis akan memberikan looks lebih dressier.

Baca Juga : 10 Style Kemeja Terbaik Untuk Para Pria Agar Makin Dilirik Wanita !

4. Pilih Material yang Cocok Untuk Gaya Smart Casual

material gaya smart casual

Enggak begitu melenceng dari poin diatas, lo dapat menggubah level formal atau casual dalam berpakaian lewat material yang lo pakai. Pakaian formal lebih condong memakai material yang terasa harus serta mengkilap.

Coba gunakan blazer atau bila kalian mau kelihatan lebih santai bisa menggunakan kemeja flannel lo dengan material wol. Lo otomatis akan mendapatkan kesan casual dari fashion item ini yang akan kelihatan lebih bervolume. Cara ini juga cocok di terapkan diberbagai jenis pakaian mulai dari shirt, pants, sampai dengan sepatu.

5. Pakai Blazer Untuk Kesan Smart Casual

blazer kesan smart casual

Blazer sebenarnya merupakan fashion item pria yang kudu banget buat lo punya, apa lagi buat lo yang kepingin mencoba smart casual pria!

Baca Juga : 11 Style Pria Sederhana Tapi Keren yang Bikin Wanita Jatuh Cinta

Faktanya, blazer dapat lo pakai buat acara formal ataupun acara yang santai. Nah, jika lo sedang bergaya dengan pakaian casual, bisa menggunakan full white sneakers dengan tambahan kaos ataupun kemeja lengan pendek, lo sangat bisa menggunakan outer berupa blazer untuk menghasilkan tampilan smart casual yang kece.

6. Lepas Dasi Lo Buat Baju Casual

lepas dasi gaya casual

Rules yang enggak kalah penting buat mendapatkan looks smart casual adalah lo enggak boleh memakai dasii. Biarpun kelihatan kece serta smart, casual value yang lo inginkan malah enggak akan didapat. Untuk itu, bagusnya untuk enggak memakai dasi yang akan memberikan kesan formal.

Malah jika kalian pede, Lo bisa mencoba enggak mengancingkan 1 atau 2 kancing dibagian atas pada kemeja lo. Hal ini akan menambah estetika serta kesan lebih relax, namun jika lo akan datang ke acara kantor atau meeting, sebaiknya tetap dikancingkan saja.

7. Pilih Sepatu Buat Tampilan Smart Lo

sepatu tampilan smart

Kadang-kadang mencocokan sepatu termasuk ribet juga. Namun jangan sampai terlewat untuk memilih sepatu! Misalnya saat lo memutuskan warna yang akan digunakan, untuk menaikan tampilan casual, lo dapat memilih rona yang lebih yang cerah, tau bisa memilih warna coklat bagi yang memilih menggunakan sepatu kulit.

Baca Juga : Sepatu Oxford Pria Harus Dimiliki Pria Berkualitas Yang Suka Style Formal

8. Pakai Sweater atau Cardigan Untuk Casual Look

sweater dan cardigan casual look

Outerwear satu ini emang sangat dirasa pas buat cuaca yang enggak menentu seperti sekarang ini. Atau lo yang sedang ingin berangkat ke kantor dengan looks ala pria maskulin, gunakan aja sweater / cardigan lo.

Ehh, tapi enggak berarti langsung digunakan begitu aja ya. Sweater atau cardigan ini dapat lo gunakan sebagai luaran dari kemeja yang sedang lo pakai. Untuk kombinasi sweater atau cardigan yang lo pilih untuk dipakai, pilih jogger pants dengan warna yang cocok. Dengan begini, lo sudah mendapatkan style smart casual pria!

9. Kaos Polos Buat Menunjang Smart Casual Style

kaos polos smart casual style

Salah satu fashion item yang sangat tidak boleh kamu lewatkan untuk bergaya seperti pria maskulin adalah kaus. Ya, kaos akan sangat cocok untuk masuk ke dalam daftar jenis pakaian untuk tampilan smart casual.

Tapi, jangan hanya gunakan kaus saja, ya! Kenakan juga aksesori lain untuk menambah tekstur seperi jas misalnya. Satu hal lain yang harus kamu ingat juga adalah selalu menggunakan kaus yang ukuran pas di badanmu!

10. Fashion Item Untuk Gaya Smart Adalah Kacamata

fashion item smart kacamata

Kalau cari style pria berkacamata, pasti akan menjelaskan bahwa kacamata juga akan membantu menaikan looks pria jadi semakin keren. Sudah sangat umum, yang sering digunakan adalah kacamata hitam karena dapat memberikan anggapan yang misterius buat penggunanya, Tapi sekarang ini malah ada yang pilih memakai kacamata dengan lensa bening.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Style Indie Pria yang Bikin Lo Kelihatan Anti Mainstream !

Jaman modern sekarang ini, lo udah gak perlu kesusahan lagi untuk mencari kacamata bahkan buat yang punya mata enggak minus pun, karena kacamata sekarang faktanya merupakan aksesoris penunjang buat penampilan juga.

11. Leather Bag Penunjang Style Smart

leather bag style smart

Selain kelihatan smart casual pria, tentu akan lebih perfect lagi saat lo kelihatan eksklusif bukan? Nah, makanya jangan lupa buat mengenakan aksesoris penunjang, contoh gampangnya dengan memakai leather bag atau tas dengan material kulit asli.

Faktanya juga karena tas dengan material leather lebih kelihatan luxury dan gagah jika dicompare dengan tas bermaterial canvas atau material lain.

12. Polo Shirt Atasan yang Bisa Dipilih Untuk Gaya Smart Casual

polo shirt gaya smart casual

Mungkin beberapa dari kalian masih agak kurang pede atau nyaman bila memakai outer berupa blazer, sweater atau lainnya. Jika lo yang tergolong seperti itu, maka bagusnya lo bisa memakai atasan berkerah, seperti polo shirt.

Hal ini karena untuk bisa menerapkan smart casual looks seenggaknya ada fashion aksesoris yang berkerah untuk lo pakai. Maka dari itu, jangan sampai lo cuma menggunakan kaos biasa aja jika lo enggak mau menambakan outer yang berkerah, dan bagusnya memakai polo shirt.

13. Jangan Lupa Pakai Aksesoris Smart Casual

aksesoris smart casual

Selain pakaian faktor penting yang harus lo pikirkan, tentu saja lo juga harus menggunakan aksesoris penunjang untuk melengkapi gaya lo.

Beberapa aksesoris yang keren untuk penampilan smart casual adalah kacamata, belt, jam tangan kulit bisa juga stainless dan juga leather bag yang sudah kita bahas di atas.

14. Pakai Kemeja Lengan Pendek Untuk Tampilan yang Smart

kemeja lengan pendek tampilan smart

Looks para pria yang kekinian enggak cuma didapatkan dengan aksesoris yang kelihatan itu-itu aja loh! lo sangat bisa mendapatkan looks smart casual pria dengan menggunakan celana jeans lo! Asalkan, kalian memilih menggunakan atasan berupa kemeja yang memberi kesan rapi. Kemeja yang lo pilih juga enggak harus dengan model lengan panjang.

Buat lo yang sedang mencari kemeja lengan pendek dengan kualitas serta rona-rona yang enggak pasaran, Button Down jawabannya. Lo bisa melihat update di instagram Button Down atau langsung lihat koleksinya di website ini sekaligus langsung membelinya. Button down sangat mensupport lo yang ingin bergaya smart casual pria. Jadi, apa lagi yang lo tunggu? Segera takis koleksi terbaru dari Button Down sekarang juga.

× How can I help you?