Dalam masalah berpakaian biasanya pria lebih memilih model yang aman dan enggak neko-neko. Seperti waktu memakai celana yang pilihannya enggak jauh dari celana jeans untuk penampilan santai atau chino untuk penampakan yang lebih rapi. Padahal masih ada opsi lain seperti style celana kotak-kotak pria yang enggak kalah serba guna.

Baca Juga : 5 Tipe Kemeja Motif Kotak yang Biasa Dipakai Oleh Para Pria

Agak susah memang, tetapi jika dikombinasikan dengan tepat, celana kotak-kotak tersebut dapat menjadi salah satu pakaian paling stylish untuk pria. Dan juga, celana ini bisa pria gunakan untuk penampilan casual sampai formal. Selengkapnya, kalian dapat simak panduan style celana tartan pria berikut ini.

1. Style Celana Kotak Kotak Harus di Seimbangkan Dengan Atasan

style celana kotak kotak

Mengingat style celana kotak-kotak ini tergolong statement item, kalian harus dapat menyeimbangkan celana ini dengan fashion item lain. Coba pakai atasan yang lebih netral dan enggak gampang menarik perhatian. Maka pada looks tersebut celana bisa menjadi pusat perhatian tanpa terlihat norak.

Memang enggak ada salahnya untuk kalian kombinasikan dengan pattern lain saat memakai celana tersebut, tapi tips tersebut lumayan beresiko dan dapat membikin penampilan terlihat layaknya seragam.

2. Menyesuaikan Size Motif Celana Kotak-Kotak

size motif celana kotak

Pria menjauhi menggunakan celana bermotif kotak karena beberapa argumen. Pertama, enggak mau menjadi pusat perhatian akibat memakai celana tersebut. Kedua, enggak mau kakinya kelihatan jadi lebih besar akibat adanya corak pada celana.

Baca Juga : 11 Style Pria Sederhana Tapi Keren yang Bikin Wanita Jatuh Cinta

Jalan keluar dari keduanya adalah dengan menyesuaikan ukuran corak kotak-kotak pada celana. Motif kotak-kotak yang dipakai enggak harus berwarna terlalu terang dan berukuran besar. Lo dapat memakai corak berukuran kecil yang dari jauh justru kelihatan seperti satu warna dasar saja.

3. Jenis Corak Celana Kotak-Kotak

jenis corak celana kotak

Berhubungan dengan bagian sebelumnya, terdapat beberapa model atau tipe kotak-kotak yang bisa kalian pilih dan sesuaikan dengan keperluan. Dimulai dari corak houndstooth yang dapat menjadi statement looks tanpa memberikan anggapan yang terlalu kuat. Ada juga motif windowpane yang lebih ‘percaya diri’ dan gampang dikombinasikan dengan motif lainnya.

Selain itu, motif prince of wales bisa menjadi opsi jika ingin menerapkan style celana kotak-kotak yang lebih sederhana. Jika kalian ingin bereksperimen, ada pattern tartan yang dapat jadi andalan saat menerapkan gaya casual.

4. Enggak harus Digunakan Sebagai Setelan Kotak-Kotak

setelan kotak-kotak pria

Salah satu style paling memungkinkan celana bermotif kotak-kotak dipakai pria adalah saat mengkombinasikannya pada setelan jas. Namun, sekarang ini cara berpakaian pria yang semakin luwes membuat ketentuan tersebut enggak harus selalu diterapkan. Lo dapat memakainya secara terpisah dan enggak harus untuk penampakan formal saja.

Baca Juga : 12 Cara Berpakaian Simple Tapi Keren Di Pastikan Wanita Akan Melirik!

Celana kotak-kotak sendiri sebenarnya bisa membikin penampilan pria lebih dressed-down. Di sisi yang lain, kesan smart casual dapat secara otomatis didapatkan jika mengganti celana chino dengan celana tersebut.

5. Pertimbangkan juga model celana Kotak-Kotak

model celana kotak kotak

Saat ini beberapa merek pakaian terkenal sudah membuat celana kotak-kotak dengan potongan loose. Sayangnya celana dengan fit tersebut belum tentu sesuai bagi setiap pria. Saran saya untuk kalian memilih fit dengan cuttingan slim atau straight leg yang akan lebih gampang saat digunakan.

Selain itu, celana yang mempunyai sedikit keliman pada bagian hem nya pun bisa menetralkan pattern kotak-kotak dengan sepatu. Kalian pun dapat mencoba celana pendek pria yang kasual sehingga bisa lebih ‘diterima’ jika kalian memakai motif kotak-kotak tersebut.

6. Celana Kotak Dengan Hoodie dan Sneakers

celana kotak dengan hoodie

Enggak perlu takut berimprovisasi dengan style celana kotak-kotak. Amannya, padukan celana ini dengan atasan yang minim atau sama sekali enggak bermotif. Kalian dapat mempadukan celana kotak-kotak berwarna apa pun dengan hoodie putih atau hitam, Contohnya. Tambahkan juga sepatu sneakers kekinian untuk style yang easy dan casual.

7. Celana Kotak Dikombinasikan Dengan Oversized Tshirt

celana kotak dengan oversized tshirt

Kalian juga bisa, loh, menerapkan style hip-hop dengan kombinasi celana tartan dan oversized tshirt. Sekali lagi selalu ingat untuk menggunakan atasan yang minim corak atau grafis apapun supaya enggak memberikan kesan bertabrakan.

Baca Juga : 10 Style Kemeja Bunga Pria Bikin Tampilan Maskulin dan Seksi Di Depan Wanita

8. Celana Kotak-Kotak Dengan Blazer Pria

style celana kotak kotak dengan blazer pria

Mau looks yang lebih formal? seperti yang sudah kita bahas sebelumnya kalian sangat bisa mengkombinasikan celana ini dengan blazer pria. Pastikan warna blazer lo senada dengan style celana kotak-kotak lo. Misalnya, kalau menggunakan celana kotak dengan warna hijau, putih, dan kuning, lo dapat memilih blazer berwarna kuning, atau putih, atau hijau. mau coba?

9. Celana Kotak-Kotak Dengan Sweater dan Beanie Hat

style celana kotak kotak pria dengan beanie

Sekarang cuaca sedang enggak menentu. Waktu yang tepat buat lo untuk bergaya dengan celana kotak, sweater dan beanie hat saat hujan dan cuaca sedang dingin.

10. Celana Kotak dan Kemeja Pria

sty;e celana kotak kotak pria dengan kemeja

Selain memakai jas atau blazer, lo juga bisa bergaya smart casual dengan mengkombinasikan celana kotak dan kemeja pria. Lalu kalian bisa menyempurnakan looks lo dengan sepatu oxford, slip on, atau sepatu sneakers. The choice is all yours!

Baca Juga : 10 Rekomendasi Style Indie Pria yang Bikin Lo Kelihatan Anti Mainstream !

Itu tadi adalah beberapa inspirasi style celana kotak-kotak pria. Sekarang lo enggak perlu ragu lagi untuk mengenakannya berkat panduan tersebut, bukan? Selamat bereksperimen.

× How can I help you?